Efektivitas Penggunaan LKPD Berbasis Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa

Penulis

  • Zumrotul Istifadah Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Nuryadi Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Fanny Nur Saadah Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.36709/jpm.v14i2.95

Kata Kunci:

efektivitas, literasi numerasi , lkpd, realistic mathematics education

Abstrak

Kemampuan literasi numerasi merupakan kemampuan untuk menggunakan berbagai macam angka dan simbol yang berhubungan dengan matematika dasar untuk memecahkan persoalan kehidupan sehari-hari, kemampuan untuk menganalisis informasi yang disajikan dalam beragam bentuk grafik, tabel, bagan serta menganalisis hasil informasi dan menarik keputusan. Bahan ajar yang belum meningkatkan kemampuan tersebut perlu digunakan. Sehingga, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan LKPD berbasis Realistic Mathematics Education untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pretest posstest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII D (kelas eksperimen) dan kelas VII A (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan soal tes kemampuan literasi numerasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan LKPD berbasis Realistic Mathematics Education lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa daripada penggunaan LKPD sekolah. Hal ini dikarenakan LKPD disajikan dengan informasi-informasi berbentuk angka, data, dan simbol yang berhubungan dengan matematika. Selain itu, dengan pembelajaran menggunakan LKPD siswa dituntut untuk dapat menganalisis berbagai informasi berbentuk grafik, tabel, bagan, dan kemampuan menarik sebuah kesimpulan. Oleh karena itu, penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan LKPD berbasis Realistic Mathematics Education efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa.

Referensi

Anisa, H., & Prakoso, G. P. W. (2016). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Yang Mengacu Pada Pembiasaan Sikap Fair Play Dan Kepercayaan Pada Peserta Didik. Jurnal Olahraga Prestasi, 12(1), 77–85.

Ate, D., & Lede, Y. K. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 472–483. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1041

Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Anallisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23601

Fauziah, L. U., Hobri, & Oktavianingtyas, E. (2016). Penalaran Logis dalam Memecahkan Masalah Matematika Pokok Bahasan Aritmatika Sosial pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Jember. Jurnal Edukasi, 3(1), 15–17. https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i1.4314

Hadi, S., & Zaidah, A. (2021). Analisa Kemampuan Literasi Numerasi dan Self-Efficacy Siswa Madrasah dalam Pembelajaran Matematika Realistikal Ilmiah Wahana Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(7), 295–307. https://doi.org/10.5281/zenodo.5716119

Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2).

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Miftah, R. N., & Setyaningsih, R. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (Akm) Pada Materi Geometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2199–2208. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5780

Nurulaeni, F., & Rahma, A. (2022). Analisis Problematika Pelaksanaan Merdeka Belajar Matematika. Jurnal Pacu Pendidikan Dasar, 2(1), 35–45. https://unu-ntb.e-journal.id/pacu/article/view/241

OECD. (2016). PISA Result in Focus. Paris : OECD Publishing.

OECD. (2018). PISA Result in Focus. Paris : OECD Publishing.

Rum, A. M., Susanta, A., & Rusdi. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis RME Pada Materi Lingkaran Di Kelas VIII SMPN 1 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(3), 425–432.

Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. ProSANDIKA UNIKAL …, 3(2019), 352–360.

Septikasari, R. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 8(02), 107–117. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015

Shadiq, F. (2014). Pembelajaran Matematika: Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sholihah, D. ., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 175.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67.

Simalango, M. M., Darmawijoyo, & Aisyah, N. (2018). Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal PISA Pada Konten Change and Relationship. Level 4, 5, dan 6 di SMP N 1 Indralaya. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 43–58.

Susanto, E. (2019). Membangun Citra Madrasah: Strategi MTs. Al-Kautsar dalam Membangun Mutu. Jurnal Studi Pendidikan Islam, 7(2), 99–110.

Yanti, F., Nurva, M. S., & Fikriani, T. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Berbasis Realistic Mathematic Education ( RME ) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1743–1751.

Diterbitkan

2023-07-31

Cara Mengutip

Istifadah, Z. ., Nuryadi, & Saadah, F. N. . (2023). Efektivitas Penggunaan LKPD Berbasis Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa . Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 113–122. https://doi.org/10.36709/jpm.v14i2.95

Terbitan

Bagian

Articles