Pengembangan Perangkat PJBL Berbantuan E-Modul Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa
DOI:
https://doi.org/10.36709/jpm.v14i2.94Kata Kunci:
bangun ruang, e-modul, etnomatematika, kemampuan pemecahan masalahAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat PJBL berbantuan e-modul lubuk etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 langkah, yaitu Analisis, Perencanaan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Subjek penelitian terdiri dari 32 siswa kelas VII G sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa kelas VII I sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian ini berupa angket validasi ahli teknologi, angket validasi strategi materi, dan tes hasil kemampuan pemecahan masalah. Pengembangan perangkat PJBL berbatuan e-modul lubuk etnomatematika menggunakan software canva. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perangkat PJBL berbantuan e-modul lubuk etnomatematika layak berdasarkan validasi ahli strategi materi dengan presentase kelayakan 80% dan validasi ahli teknologi dengan presentase kelayakan 92%. (2) perangkat PJBL berbantuan e-modul lubuk etnomatematika dinyatakan efektif karena mencakup 3 indikator, rerata kemampuan pemecahan masalah pada kelas perlakuan (eksperimen) lebih bari dari kelas yang tidak diberi perlakukan (kontrol), bahwa terdapat pengaruh positif antara aktivitas siswa dan akibat treatment kemampuan pemecahan masalah dengan uji regresi linear diperoleh persamaan regresi memiliki pengaruh sebesar 86% dan hasil kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen mencapai ketuntasan dengan presentase 100% dengan nilai rata-rata kelas 86,5. Pengembangan perangkat PJBL berbantuan e-modul lubuk etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi bangun ruang efektif digunakan dalam pembelajaran.
Referensi
Abi, A. M. (2017). Integrasi Etnomatematika Dalam Kurikulum Matematika Sekolah. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 1. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.75
Abidin, J., Rohaeti, E. E., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Smp Kelas Viii Pada Materi Bangun Ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 779. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p779-784
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Durohman, D., Noto, M. S., & Hartono, W. (2018). Pengembagan Perangkat Project Based Learning (PJBL) pada Materi STATISTIKA SMA. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1. https://doi.org/10.31000/prima.v2i1.299
E., & Fitri, T. A. (2016). Rancang Bangun Alat Bantu Ajar Matematika pada Materi Bangun Ruang Berbasis Multimedia ( Study Kasus SMP Negeri 01 Bangkinang Seberang). SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 1(1), 10–19. https://doi.org/10.33372/stn.v1i1.8
Fajri, M. N. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Problem Based Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP/MTs. (UIN Ar-Raniry Banda Aceh).
Fathurrohman, M. (2016). Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media
Febriyanti, C., & Irawan, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dengan Pembelajaran Matematika Real. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(1), 32-41.
Hasyim, A. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan di Sekolah. Media Akademi.
Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2020). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI IPA SMA. Jurnal At-Tadbir STAI Darul Kamal NW Kembang kerrang, 4(1), 57–69.
Khomsiatun, S., & Retnawati, H. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 92–106. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i1.7153
Komang, N., Dwianjani, V., & Candiasa, I. M. (2018). Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. 2(2), 153–166.
Mardhiyah, U., Wanabuliandari, S., & Bintoro, H. S. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Menerapkan Model PjBL Berbantuan E-modul Lubuk Etnomatematika. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(3), 10040–10044. https://doi.org/10.36312/jisip.v6i3.3342
Nurhikmayati, I., & Sunendar, A. (2020). Pengembangan Project Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1–12. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.604
Saifiana, A. A. P. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Model Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 2 Sidoarjo. Pensa: Jurnal Pendidikan Sains, 5(02), 92–98.
Sri Subarinah. (2006). Inovasi Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV
Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Siswa Sma Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia, 10(2), 178–187.
Trimawati, K., Kirana, T., & Raharjo, R. (2020). Pengembangan Inatrumen Penilaan IPA TerPadu Dalam Pemblajaran Model Project Based LearnIng (PJBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Kreatif Siswa SMP. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 36. https://doi.org/10.20527/quantum.v11i1.7606
Utami, R. E., Nugroho, A. A., Dwijayanti, I., & Sukarno, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 268. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.1458
Yanuarti, E. (2018). Pemikiran Pendidikan Ki. Hajar Dewantara Dan Relevansinya Dengan Kurikulum 13. Jurnal Penelitian, 11(2), 237–266. https://doi.org/10.21043/jupe.v11i2.3489
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Mia Wulansari, Ida Dwijayanti, Aurora Nur Aini
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.