Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa
DOI:
https://doi.org/10.36709/jpm.v13i2.9Kata Kunci:
flipped classroom, matematika, pemecahan masalahAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom berbasis Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini merupakan kuantitatif dengan jenis pendekatan quasi eksperimental design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa/i kelas VII SMP Negeri 23 Bandar Lampung, sebagai sampel menggunakan 3 kelas terpilih melalui teknik cluster random sampling atau secara acak dan terpilih kelas VII G sebagai kelas eksperimen 1, kelas VII H sebagai kelas eksperimen 2, dan kelas B sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Adapun uji hipotesis menggunakan analisis varians satu arah sel tak sama dan uji lanjut dengan metode uji scheffe. Berdasarkan hasil penelitian model pembelajaran Flipped Classroom berbasis Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) memperoleh nilai tertinggi 96 dan nilai terendah 57 dengan nilai rata-rata 75,065, model attention, relevance, confidence, satisfaction (ARCS) memperoleh nilai tertinggi 95 serta nilai terendah 55 dengan nilai rata-rata 66,419 dan model konvensional memperoleh nilai tertinggi 76 serta nilai terendah 50 dengan nilai rata-rata 58.161. Perhitungan uji anova satu arah sel tak sama diperoleh Fhitung > Ftabel sehingga dapat disimpulkan bahwa Flipped Classroom berbasis Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Referensi
Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Bergmann, J., & Sams, A. (2012). Flip Your Classroom : Reach Every Student in Every Class Every Day, Flipped Learning Series. International Society for Technology in Education.
Bhakti, Y. B., Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., Sulisworo, D., & Moh, T. (2020). Konsep, Teori, dan Praktek Flipped Classroom (W. Afrida (ed.)). Mitra Cendekia Media.
Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Anallisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23601
Jamil, M. M. (2019). Optimalisasi Model ARCS Dalam Pembelajaran Saintifik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Peminatan Mata Optimization of the ARCS Model in Scientific Learning to Improve Learning Motivation of Students in Specialization in Geography in M. Indonesian Journal of Science Education, 1(1), 7–24.
Jhonson. (2015). Student perceptions of the flipped classroom in college Algebra. Primus, 25(9), 782–791. https://doi.org/10.1080/10511970.2015.1054011
Karimah, W. (2019). Penerapan Model Flipped Classroom Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 25. https://doi.org/10.31941/delta.v6i2.913
Khofifah, L., Supriadi, N., & Syazali, M. (2021). Model Flipped Classroom dan Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis. Prisma, 10(1), 17. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1098
Lena, M. S., Netriwati, & Aini, N. R. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. CV IRDH.
Machdalena, S., Putri, S., & Putri, R. K. (2022). Profil Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1776-1787. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1090
Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Deepublish.
Patandean, Y. R., & Indarjit, R. E. (2021). Flipped Classroom : membuat peserta didik berpikir kritis, kreatif, mandiri, dan mampu berkolaborasi dalam pembelajaran inovatif (M. Kika (ed.)). Andi.
Rachmani, N. (2020). Monograf Pengembangan Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK untuk meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa. Lakeisha.
Rinaldi, A., Novalia, & Syazali, M. (2020). Statistika Inferensial Untuk Ilmu Sosial dan Pendidikan. IPB Press.
Sastia, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan WhatsApp Groups Terhadap Kemampuan Kognitif Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Peserta Didik. UIN Raden Intan Lampung.
Schneider, S., Nebel, S., Beege, M., & Rey, G. D. (2018). The autonomy-enhancing effects of choice on cognitive load, motivation and learning with digital media. Learning and Instruction, 58(June), 161–172. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2018.06.006
Simamora, L., Hernaeny, U., & Safitri, N. D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 245. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.6405
Siswono, T. Y. E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah (N. Nur (ed.)). PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta CV.
Suprihatin, S. (2015). Berkualitas Dan Berdaya Saing. Jurnal Promosi, 3(1), 73–82.
Susanti, L. (2020). Strategi Pembelajaran Berbasis Motivasi. ELex Media Komputindo.
Trianto. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana.
Weil, M., & Joyce, B. (2016). Models Of Teaching : Edisi Kesembilan. Pustaka Pelajar.
Yamaryani, A. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal ilmiah dikdaya, 6(2), 12-19.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Ahmad Fahmi Rifandi, Netriwati, Wawan Gunawan, Fadly Nendra
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.