Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa
DOI:
https://doi.org/10.36709/jpm.v14i2.82Kata Kunci:
kemampuan pemecahan masalah, matematika, model project based learningAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bengkulu Utara tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 288 siswa dan sampel penelitian yaitu kelas VIII E dan VIII H yang berjumlah 64 siswa. Instrumen penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Analisis data dilakukan dengan uji analysis of covariance (ANACOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh linear kovariat kemampuan awal terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 60,4%. (2) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dengan mengontrol kemampuan awal siswa sebesar 33,3%. (3) pencapaian kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran Project Based Learning lebih tinggi dibandingkan kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran ekspositori.
Referensi
Cockcroft, W. (1982). Mathematics Counts. In Mathematics Counts, Report of the Committee of Inquiry into the Teaching of Mathematics in Schools. London: Her Majesty’s Stationery Official.
Elita, G. S., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447–458. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.517
Febrila, L. G., Yensy, N. A., & Susanta, A. (2021). Analisis Tingkat Kognitif dan Kualitas Soal Penilaian Akhir Semester Ganjil Kelas Vii SMP IT Darul Fikri Arga Makmur Tahun Ajaran 2020 / 2021. 5(2), 281–295. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.2.281-295
Haji, S., Berlinda, K., & Hanifah. (2023). Pengaruh Kemampuan Koneksi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik. Jurnal Didactical Mathematics, 5(1), 30–37. https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/dm/article/view/4293
Haji, S., Trihasari, S., & Nirwana. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X SMA Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matemtika Raflesia, 4(2), 93–102. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
IEA. (2015). TIMSS 2015 International Results in Mathematics. In International Association for the Evaluation of Educational Achievement (IEA). IEA. https://timssandpirls.bc.edu/timss2015/international-database/
Kemendikbud, B. (2019). Pendidikan di Indonesia belajar dari hasil PISA 2018. Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemendikbud.
Kurniawati, I., Raharjo, T. J., & Khumaedi. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi Tantangan Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana.
Kusuma, J. W., Hamidah, Mahuda, I., Sukandar, R. S., Santoso, E., & Jatisunda, M. G. (2021). Project-based learning with LMS moodle to promote mathematical problem solving and self-regulated learning. Journal of Physics: Conference Series, 1764(1), 0–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1764/1/012135
Manjani, W. D., Muhammad, K., & Fauzi, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions ( STAD ) dan Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(6), 7626–7639. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.4234
Muslim, S. R. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik SMA. Supremum Journal of Mathematics Education, 1(2), 88–95. https://doi.org/ttps://doi.org/10.35706/sjme.v1i2.756
National Council of Teacher Mathematics. (2000). Principle and Standarsd for School Mathematics. NCTM. https://doi.org/10.5951/at.29.5.0059
Nurfatanah, Rusmono, & Nurjannah. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.17509/eh.v3i2.2807
Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif, 6(2), 149–160. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i2.950
Nurhidayati, T. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Pemahaman Konsep Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(9), 1–9.
OECD. (2019). PISA 2018 Results. In OECD. OECD. https://doi.org/10.1787/g222d18af-en
Polya, G. (2004). How to Solve it. In Stochastic Optimization in Continuous Time. United States: Pricenton University Press.
Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika (KAM). Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 207–215. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.771
Putri, R. S., Suryani, M., & Jufri, H. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika dan Program for International Student Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 331–340.
Solong, A., Nasir, M., & Ferawati. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMPN 5 Kota Bima Tahun Pelajaran 2022 / 2023. 1(3), 12–17.
Susanta, A., Susanto, E., & Rusdi. (2020). Efektivitas Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 5(1), 61–68. https://doi.org/10.31949/th.v5i1.2219
Triningsih, R., & Mawardi, M. (2020). Efektivitas Problem Based Learning Dan Project Based Learning Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(1), 51–56. https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3228
Wahyuningsih, E. (2019). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem-Based Learning. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM), 1(2), 69–87.
Zakiyah, M., & Noor, N. L. (2022). Pengaruh Kemampuan Awal dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science, 2(1), 54–65. http://103.35.140.33/index.php/NCOINS/article/view/336
Zulkarnain, I. (2020). Pengaruh Kemampuan Awal terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 11(2), 88–94. https://doi.org/https://doi.org/10.37640/jip.v11i2.94
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Lilia Gina Febrila, Hanifah, Hari Sumardi, Saleh Haji
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.