Kemampuan Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pola Bilangan Berbasis Etnomatika Budaya Jombang
DOI:
https://doi.org/10.36709/jpm.v14i2.76Kata Kunci:
budaya jombang, etnomatika, literasi matematika, pola bilanganAbstrak
Melibatkan unsur budaya dalam pembelajaran adalah salah satu bentuk pengintegrasian literasi matematika. Pembelajaran matematika berbasis budaya (etnomatematika) merupakan cara menciptakan pembelajaran matematika yang lebih bermakna dan kontekstual. Generalisai sebagai denyut jantung dari matematika adalah satu cara melatih siswa terbiasa dengan literasi matematika. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui kemampuan literasi matematika siswa MA dalam menyelesaikan masalah pola bilangan berbasis etnomatika budaya Jombang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa MAN 4 Jombang kelas XI yang memiliki kemampuan matematika dan komunikasi matematis baik. Instrumen penlitian berupa tes penyelesaian masalah pola bilangan yang berbasis etnomatika budaya jombang. Instrumen lain yang mendukung adalah pedoman wawancara. Data dianalisis dan disimpulkan menggunakan kerangka teori literasi matematika siswa pada masalah pola bilangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa subjek dapat melampui ketiga komponen literasi matematika dengan baik. Subjek merumuskan situasi secara matematis dengan baik melalui informasi yang didapat dari soal. Subjek dapat menerapkan konsep matematika, fakta, prosedur dan penalaran matematika yang sesuai untuk membuat solusi atas masalahyang diberikan. Siswa juga berhasil menafsirkan, menerapkan dan mengevaluasi hasil matematika yang di dapat pada saat menjawab poin pertanyaan inti pada masalah yang diberikan.
Referensi
Agustin, A. S., Sekarwati, M., Elvistoni, M. A., Latifah, N. T., & Semarang, U. N. (2022). Etnomatematika pada kebudayaan jawa dalam mengembangkan kemampuan literasi matematis siswa. Seminar Nasional Pendidikan Matematika IV (Sandika IV) Volume, 4(1), 195–201.
Aini, N. R., Suharto, Yudianto, E., Trapsilasiwi, D., & Setiawan, T. B. (2019). Analisis Berpikir Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Pokok Bahasan Pola Bilangan Berdasarkan Kecerdasan Majemuk. Kadikma, 9(2), 127–135. https://doi.org/10.19184/KDMA.V9I2.9964
Fajriyah, E. (2018). Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika dalam Mendukung Literasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114–119.
Guerrero, L., & Rivera, A. (2002). Exploration of patterns and recursive functions. In D. S. Mewborn, P. Sztajn, D. Y. White, H. G. Heide, R. L. Bryant, & K. Nooney (Eds.), Proceedings of the Annual Meeting of the North American Chapter of the International Group for the Psychology of Mathematics Education (24th) (pp. 362–272). PME-NA.
Istiqomah. (2020). Umum, Modul Pembelajaran SMA Matematika. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kehi, Y. J. (2019). Kontribusi etnomatematika sebagai masalah kontekstual dalam mengembangkan literasi matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 190–196.
Lannin, J., Barker, D., & Townsend, B. (2006). Algebraic Generalisation Strategies: Factors Influencing Student Strategy Selection. Mathematics Education Research Journal, 18(3), 3–28.
Mahpudin, M., & Yuliati, Y. (2019). Peran Budaya Lokal terhadap Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar di. ICECRS, 2(1), 287–292. https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2402
Midgett, C. W., & Eddins, S. K. (2001). NCTM’s Principles and Standards for School Mathematics: Implications for Administrators. NASSP Bulletin I, 85(623).
Mulligan, J., & Mitchelmore, M. (2009). Awareness of pattern and structure in early mathematical development. Mathematics Education Research Journal, 21(2), 33–49. https://doi.org/10.1007/BF03217544
Novianti, D. E. (2022). Pemecahan Masalah Matematika dalam Konsep Etnomatematika Dwi. Prosiding Seminar Nasional Hybrid, 24–31.
Nurhidayati, P., Noor, N. A., & Nurwiatin, N. (2021). Hubungan Penguasaan Literasi Matematika dengan Kemampuan Berpikir Matematis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III SEMNARA 2021, 172–179.
OECD. (2019). PISA 2018 results (volume 1): what students know and can do. OECD Publishing.
Ramadhina, A. L., Septiana, C., & Pebrianti, M. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Konsep Pola Bilangan Dalam Permainan Tradisional. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (Jumadika), 3(2), 65–69.
Rozi, M. F., Matematika, P., Matematika, F., Ilmu, D., & Alam, P. (2022). Literasi Matematis Berbasis Budaya Jombangan Dalam Perspektif Etnomatematika. MATHEdunesa, 11(1), 58–69. https://doi.org/10.26740/MATHEDUNESA.V11N1.P58-69
Safina, D., & Budiarto, M. T. (2022). Literasi Matematis Berbasis Budaya Sidoarjo Dalam Perspektif Etnomatematika. MATHEdunesa, 11(1), 12–25. https://doi.org/10.26740/MATHEDUNESA.V11N1.P12-25
Soebagyo, J., Andriono, R., Razfy, M., & Arjun, M. (2021). Analisis Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).
Sukmawati, D., Anggoro, B. S., & Pratiwi, D. D. (2022). Pengembangan Instrumen Evaluasi Literasi Matematis Berdasarkan Perspektif Multiple Intelligences Berbasis Etnomatematika Pada Budaya Jawa. Educatio, 8(4), 1215–1226. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3172
Sunandar, M. A. (2016). Pembelajaran matematika SMK bernuansa etnomatematika. Seminar Nasinal Matematika X Universitas Negeri Semarang, 95–105. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21622
Tanişli, D., & Özdaş, A. (2009). Th e Strategies of Using the Generalizing Patterns of the Primary School 5 th Grade Students. Educational Sciences: Theory & Practice, 9(3), 1485–1497.
Wurdani, W. P. A. K., & Budiarto, M. T. (2021). Etnomatematika Usaha Kerajinan Anyaman Rotan Masyarakat Gresik dalam Prespektif Literasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 94–105.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Siti Dinarti, Umi Nur Qomariyah, Agustina
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.