Kesulitan Siswa dalam Belajar Matematika pada Pembelajaran Daring
DOI:
https://doi.org/10.36709/jpm.v14i1.37Kata Kunci:
analisis faktor, kesulitan belajar matematika, pembelajaran daringAbstrak
Pembelajaran daring merupakan sistem pembelajaran yang menggunakan platform yang digunakan untuk membantu dalam proses kegiatan pembelajaran, dilakukan tidak secara langsung atau tidak secara tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor kesulitan belajar matematika pada pembelajaran daring. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Cikeusal yang berjumlah 290 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu sebanyak 43 orang siswa. Teknik yang digunakan untuk menentukan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik random sampling serta instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu analisis faktor. Hasil dari uji analisis faktor dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika siswa pada pembelajaran daring ada 3 faktor yang di dalamnya terdapat 9 variabel dengan total variance sebesar 69,539 %. Ketiga faktor tersebut yaitu faktor motivasi dan minat siswa, faktor pengerjaan tugas dan faktor kesulitan mengakses internet. Faktor motivasi dan minat memiliki percentage of variance sebesar 38,781%, sehingga faktor tersebut menjadi faktor kesulitan belajar yang paling dominan dalam pembelajaran matematika daring pada siswa.
Referensi
Ahmadi, A., & Supriyono, W. (2013). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.
Andri, Dores, O. J., & Lina, A. H. (2020). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Nanga Kantuk. J-PiMat, 2(1), 158–167.
Andriyansah, R., Mu’arif, A. N., Nataliasari, D., Rahmin, S., Kurniawati, S., & Darmadi. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Saat Pandemi COVID-19 Pada Siswa SMP Kelas VIII. JPdK, 3(2), 67–71.
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93–196.
Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 551–561.
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503.
Kusumaningrum, B., & Wijayanto, Z. (2020). Apakah Pembelajaran Matematika Secara Daring Efektif? (Studi Kasus pada Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid-19). Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 139–146. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/25029
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19.
Simbolon, S., & Harahap, A. (2021). Analisis Proses Pembelajaran Matematika pada Masa COVID-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 2020–2028.
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750
Siregar, N. R. (2017). Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 224–232.
Sulistyo, R., & Alyani, F. (2021). Analisis Kesulitan Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring Matematika di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(03), 2460–2470.
Supranto, J. (2010). Analisis Multivariat: Arti dan Interpretasi. Rineka Cipta.
Umbara, U. (2017). Psikologi Pembelajaran Matematika. Deepublish.
Widyawati, S. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika (IAIM NU) Metro. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Yani, M. P., & Panjaitan, D. J. (2021). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa SMP Negeri 1 Air Putih. MAJU, 8(2), 225–237.
Yulia, I. B., & Putra, A. (2020). Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Secara Daring. Refleksi Pembelajaran Inovatif, 2(2), 327–335. https://doi.org/10.20885/rpi.vol2.iss2.art4
Yuliani, M., Simarmata, J., Susanti, S. S., Mahawati, E., Sudra, R. I., Dwiyanto, H., Irawan, E., Ardiana, D. P. Y., Muttaqin, M., & Yuniwati, I. (2020). Pembelajarn Daring untuk Pendidikan: Teori dan Penerapan. Yayasan Kita Menulis.
Yusmin, E. (2017). Kesulitan Belajar Siswapada Pelajaran Matematika (Rangkuman Dengan Pendekatan Meta-Ethnography). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 9(1), 2119–2136. https://doi.org/10.26418/jvip.v9i1.24806
Zulfi, R. A., & Syofyan, R. (2021). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Siswa Kelas XII SMA Negeri 4 Sungai Penuh dalam Mata Pelajaran Ekonomi Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. EcoGen, 4(4), 541–550. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pek/index
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Annisa Juliyanti, Ihsanudin, Isna Rafianti
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.