Open Ended : Pendekatan Pembelajaran Untuk Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.36709/jpm.v15i1.200Kata Kunci:
open ended, pemecahan masalah, pembelajaranAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) mendeskripsi kegiatan pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran open ended di kelas, (2) mendeksripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diajar dengan pendekatan pembelajaran open ended, (3) menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran open ended Desain penelitian menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling sehingga diperoleh sampel yakni kelas VIII6 sebagai kelas ekperimen yang diterapkan pendekatan pembelajaran open ended. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) tingkat keterlaksanaan pembelajaran oleh guru adalah 80%, 90%, 90%, 95%, 90%, dan 95% dan tingkat keaktifan peserta didik dengan pendekatan pembelajaran open ended sudah baik; (2) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 68,452 dan nilai rata-rata N-Gain adalah 0,524 yang terkategori sedang; (3) hasil uji t menunjukkan thitung = 11,730 > ttabel = 2,085 sehingga ada pengaruh yang signifikan pendekatan pembelajaran open ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kesimpulan penelitian ini yaitu pembelajaran dengan pendekatan open ended terlaksana dengan baik, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kategori sedang, dan ada pengaruh yang signifikan pendekatan pembelajaran open ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Referensi
Afandi, A. (2013). Pendekatan Open-ended dan Inkuiri Terbimbing ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah dan Representasi Multipel Matematis. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 1-11.
Afgani, J. (2010). Pendekatan Open Ended dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Anggo, M. (2011). Pemecahan Masalah Matematika Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(02). https://doi.org/10.22437/edumatica.v1i02.182
Asriah, A. N. (2011). Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematik Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama (SMP) Dengan Pendekatan Open-Ended. (Universitas Siliwangi)
Astin, Ervina, A., & Bharata, H. (2016). Penerapan Pendekatan Open Ended dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I, 631-639.
Fadillah, S. 2012. Meningkatkan Self Esteem Siswa SMP dalam Matematika Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Open Ended. Jurnal Pendidikan MIPA Universitas Lampung, 13(1).
Fernandez, C., Linares, S.,& Vals, J. (2013). Primary School Teacher’s Noticing Of Students’ Mathematical Thinking In Problem Solving. The Mathematics Enthusiast, 10(1), 41- 48.
Hadi, S., & Radiyatul. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. Edu-Mat Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53-61
Lambertus, Arapu, L., & Patih, T. (2013). Penerapan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1).
Lubis, H. L. (2015). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Open-Ended terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berfikir Kreatif Matematis Siswa SMP Negeri 16 Medan (Doctoral dissertation, UNIMED).
Pertiwi, E. D., Khabibah, S., & Budiarto, M. T. (2020). Komunikasi Matematika Dalam Pemecahan Masalah. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 202-211.
Rahayu, D. V. (2012). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 73–82. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v1i2.241
Sofyan, D., & Madio, S. S. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematik melalui Pendekatan Problem Posing dalam Pembelajaran Matematika di SMA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 93–104. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.432
Taufik, M. (2014). Pengaruh Pendekatan Open Ended Terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMAN 5 Mataram. Jurnal Agrisains, 5(1).
Wagisan. (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. (Pasca Sarjana Universitas Halu Oleo).
Wahid, R. , Busnawir, & Sahidin , L.. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Amal Pendidikan, 3(3), 223–233. https://doi.org/10.36709/japend.v3i3.19
Wijaya, H. (2016). Peningkatan Kemampuan Penalaran dan Representasi Siswa melalui Pembelajaran Pendekatan Open Ended. Didaktik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15(3)
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 La Ramadan, Mustamin Anggo
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.