Edutainment: Media Pembelajaran Matematika untuk Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Penulis

  • Fernando Sitorus Universitas Negeri Medan
  • Nurliani Manurung Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.36709/jpm.v15i2.198

Kata Kunci:

edutainment, kemampuan komunikasi matematis, media pembelajaran

Abstrak

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Hal ini dilatarbelakangi oleh karena kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah. Diketahui bahwa pembelajaran matematika di SMA masih menggunakan cara-cara konvensional. Selain itu, sarana dan prasarana yang digunakan dalam membantu proses pembelajaran belum memadai terutama pada pemanfaatan media pembelajaran. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran matematika berbasis Edutainment lebih baik daripada siswa yang diajar tanpa menggunakan media pembelajaran matematika berbasis Edutainment. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas eksperimen menunjukkan perubahan yang signifikan dengan nilai rata-rata pre-test 39,44 dan post-test 78,75. Hasil tes kemampuan komunikasi matematis pada kelas kontrol saat pre-test 38,61 dan post-test 69,72. Analisis data menggunakan uji t menunjukkan adanya pengaruh signifikan dari penggunaan media pembelajaran berbasis edutainment terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi program linear.

Referensi

Alwi, R. A. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Dasar Pengukuran Listrik Dengan Metode Edutainment Di Kelas X TIPTL SMK Negeri 1 Adiwerna. (Universitas Negeri Semarang).

Simbolon, F. J., Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2020). Pengaruh Pendekatan Resource Based Leaarning (RBL) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 76-88.

Djumali, & Hidayanti, E. N. (2016). Penerapan Metode Edutainment Humanizing The Classroom Dalam Bentuk Moving Class Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1), 13-33.

Maulyda, A. M. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM. Malang: CV IRDH.

Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish

Minarni, A., Napitupulu, E. E., Lubis, S. D., & Annajmi. (2020). Kemampuan Berfikir Matematis dan Aspek Afektif Siswa. Medan: Harapan Cerdas Publisher.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. USA: NCTM.

Hastuti, N. L., Waryanto, N. H., & Retnowati, E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Edutainment berupa Android Mobile Games untuk Siswa SMP Kelas VII pada Materi Segiempat. Jurnal Pedagogik Matematika, 6(2), 67-75.

Payadna, I. P. A. A. & Jayantika, I. G. A. N. T. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.

Pratama, L. D., Lestari, W., & Akustik, I. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Edutainment Di Tengah Pandemi Covid-19. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 413-423.

Santy, R., & Coesamin, M. (2019). Pengaruh Pembelajaran Generatif yang Memanfaatkan Edutainment Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Limacon: Journal of Mathematic, 1(2), 59-69.

Siregar, N. (2018). Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematis. Logaritma, 6(2), 74-84.

Sukma, A.P., Nasution, S. P., & Anggoro, B. S. (2018). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Edutainment dengan Pendekatan Metaphorical Thinking dengan Swish Max. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 81-89.

Taufiq, M., Dewi, N. R., & Widyatmoko, A. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Terpadu Berkarakter Peduli Lingkungan Tema “Konservasi” Berpendekatan Science-Edutainment. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2) 140-145.

Tunde, A.G., Fihrin, & Kade, A. (2015). Penerapan Metode Edutainment Berbasis Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 9 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 5(1), 45-47.

Wijayanti, N. A., & Khikmiyah, F. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Edutainment Pada Materi Aritmatika Sosial di Kelas VII SMP. Didaktika, 22(2), 99-109.

Yulianti. (2024). Peran Teknologi dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education, 4(1), 45-53.

Yuniarti, Y. (2014). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. EduHumaniora, 6(2), 109-114.

Diterbitkan

2024-07-31

Cara Mengutip

Sitorus, F., & Manurung, N. (2024). Edutainment: Media Pembelajaran Matematika untuk Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 182–191. https://doi.org/10.36709/jpm.v15i2.198

Terbitan

Bagian

Articles