Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Ujian Semester Matematika
DOI:
https://doi.org/10.36709/jpm.v15i1.196Kata Kunci:
analisis kesalahan siswa, hasil jawaban, objek matematikaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan fakta, konsep, prinsip, dan algoritma yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal ujian semester pada mata pelajaran matematika di kelas X SMA Negeri 2 Pasarwajo. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA3 dan kelas X IIS2. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan studi dokumen. Instrumen yang digunakan adalah peneliti, tes uraian, pedoman wawancara dan dokumen. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: 1) Persentase kesalahan siswa kelas X MIA3 adalah fakta 48,70%, konsep 40%, prinsip 58,26%, algoritma 27,83%; kelas X IIS2: fakta 43,64%, konsep 47,27%, prinsip 35,45%, algoritma 52,73%. 2) Kesalahan yang dilakukan siswa adalah: (a) fakta: siswa salah memasukkan nilai yang diketahui dalam soal, menuliskan simbol-simbol matematika, dan tidak menuliskan tanda operasi perhitungan; (b) konsep: siswa salah dalam memahami pembuatan model matematika, salah menentukan koordinat titik potong garis, dan salah memahami konsep menentukan himpunan penyelesaian pada grafik; (c) prinsip: siswa salah menggambar grafik himpunan penyelesaian, salah menentukan kesimpulan hasil akhir, dan tidak menuliskan kesimpulan hasil akhir; (d) algoritma: siswa salah melakukan perhitungan dan tidak melanjutkan proses penyelesaian
Referensi
Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611-1622.
Dadiara, S. P., Ratumanan, T. G., & Ayal, C. S. (2022). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Tipe High Order Thinking Skills (Hots) Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 3(3), 80-87.
Fadilah, R., & Bernard, M. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika kontekstual materi kekongruenan dan kesebangunan. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 817-826.
Firdaus, E. F., Amalia, S. R., & Zumeira, A. F. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal MatematikA: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1).
Gustiani, D. D., & Puspitasari, N. (2021). Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi operasi pecahan kelas VII di Desa Karangsari. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 435-444.
Gustianingrum, R. A., & Gustianingrum, K. (2021). Analisis kesalahan siswa berdasarkan objek matematika menurut soedjadi pada materi determinan dan invers matriks. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 235-244.
Hasibuan, N. S. R., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan teori Kastolan. Jurnal Paedagogy, 9(3), 486-494.
Maryanto, B. P. A., Rachmawati, L. N., Muhammad, I., & Sugiyanto, R. (2023). Kajian Literatur: Problematika Pembelajaran Matematika Di Sekolah. Delta-Phi: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 93-106.
Melisari, M., Septihani, A., Chronika, A., Permaganti, B., Jumiati, Y., & Fitriani, N. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemahaman konsep matematika sekolah dasar pada materi bangun datar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 172-182.
Mytra, P., Kaharuddin, A., Fatimah, F., & Fitriani, F. (2023). Filsafat Pendidikan Matematika (Matematika Sebagai Alat Pikir Dan Bahasa Ilmu). AL JABAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 60-71.
Ramadhini, D. A., & Kowiyah, K. (2022). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi kecepatan menggunakan teori kastolan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2475-2488.
Saparwadi, L. (2022). Kesalahan Siswa SMP dalam memahami masalah matematika bentuk soal cerita. MATHEMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1-12.
Ulfa, D., & Kartini, K. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal logaritma menggunakan tahapan kesalahan kastolan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 542-550.
Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study at home: analisis kesulitan belajar matematika pada proses pembelajaran daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20-26.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Suharning, La Ode Ahmad Jazuli , Busnawir
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.