Pengaruh Model Pembelajaran Problem based learning (PBL) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Penulis

  • Komang Ayu Megawati Universitas Halu Oleo
  • Hasnawati Universitas Halu Oleo
  • Rahmad Prajono Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jpm.v15i1.194

Kata Kunci:

pembelajaran, pemahaman konsep, problem based learning

Abstrak

Besarnya peran matematika dalam kehidupan ternyata tidak diimbangi dengan minat siswa untuk belajar matematika. Banyak kalangan menyatakan bahwa minat siswa untuk belajar matematika masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang tersebar dalam 2 kelas yaitu kelas VIII1 dan kelas VIII2. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan observasi dan tes pemahaman konsep matematis siswa yang berbentuk tes uraian. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil dari penelitian ini adalah hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t data berpasangan diperoleh nilai setengah sig.(2-tailed) yaitu 0,0005 lebih kecil dari α (0,05), sehingga H0 di tolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Referensi

(PBL) berbasis lembar kerja peserta didik (LKPD) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Euclid, 7(1), 12-21.

Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan pemahaman matematis siswa melalui model pembelajaran auditory intellectualy repetition dan problem based learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 67-78.

Asih, E. S. B., Sutiarso, S., & Wijaya, A. P. (2019). Pengaruh model problem based learning terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 7(2), 146-157.

Budiyono, A., Husna, H., & Wildani, A. (2020). Pengaruh penerapan model pbl terintegrasi steam terhadap kemampuan berpikir kreatif ditinjau dari pemahaman konsep siswa. Edusains, 12(2), 166-176.

Ejin, S. (2016). Pengaruh Model Problem based learning (PBL Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SDN Jambu Hilir Baluti 2 Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 1(1), 66-72.

Munthe, A. F., Harahap, M. J., & Fajri, Y. (2023). Tujuan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. AMI: Jurnal Pendidikan dan Riset, 1(1), 29-40.

Martiasari, A., & Kelana, J. B. (2022). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem based learning Berbantuan Media Manipulatif Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan, 1(1), 1-10.

Nurhayanti, H., Hendar, H., & Kusmawati, R. (2022). Model Realistic Mathematic Education Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Pecahan. Jurnal Tahsinia, 3(2), 156-166.

Priyatni, P. P., Rubianti, T., & Supriati, N. (2019). Penerapan model problem based learning (pbl) untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa sekolah dasar di kelas V. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 2(2), 82-89.

Sayekti, Y. (2020). Pengaruh Problem based learning Dengan Strategi “MURDER” Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 5(1), 24-32.

Tanti, Rahim, U, & Samparadja, H. 2020. “Pengaruh Model Problem based learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Kendari”. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 8(2), 169-182.

Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII di SMP Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51-62.

Yuliana, E. (2015). Pengembangan Soal Open Ended pada Pembelajaran Matematika untuk Mengidentifikasi Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPTIKA), 165-172.

Diterbitkan

2024-01-31

Cara Mengutip

Megawati , K. A., Hasnawati, & Prajono, R. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem based learning (PBL) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa . Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 11–20. https://doi.org/10.36709/jpm.v15i1.194

Terbitan

Bagian

Articles