Kemampuan Menulis Matematis Siswa Menggunakan Strategi Think Talk Write

Penulis

  • Wa Hasliati Universitas Halu Oleo
  • La Ode Ahmad Jazuli Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jpm.v15i1.193

Kata Kunci:

kemampuan menulis, matematis, strategi think talk write

Abstrak

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan menulis matematis siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kendari sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW), serta mengukur pengaruhnya. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain Posttest Only Control Group. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TTW secara konsisten meningkatkan keterlaksanaan pembelajaran dan keaktifan siswa. Secara deskriptif, kemampuan menulis matematis siswa dalam kelas TTW memiliki rata-rata lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Secara inferensial, terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model TTW terhadap peningkatan kemampuan menulis matematis siswa.

Referensi

Agustin, N. K., Saryantono, B., & Partasiwi, N. (2022). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Thinktalk Write (Ttw) Dan Think Pair Share (Tps) Terhadapkemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas Viii Semester Genap Upt Smp Negeri 13 Bandar Lampung. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika (JMPM), 4(1), 113-122.

Anzelina, D., Panggabean, S., & Hasibuan, R. H. (2021). Pengembangan Sistem Pembelajaran Teori, Praktik, Trend Dan Isu Di Pendidikan Dasar. Penerbit Adab.

Aulia, R., Hutapea, N. M., & Syofni, S. (2020). Penerapan Pembelajaran Think Talk Write Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1), 84-91.

Damayanti, R., & Wardani, K. W. (2023). Perbedaan Model Pembelajaran CIRC dan TTW terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa SD. Journal on Teacher Education, 5(1), 360-368.

Desfriyati, D., & Dewi, D. A. (2022). Pengaruh Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Pada Gaya Anak Milenial Dan Etika Pancasila. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1790-1795.

Devi, A. K. (2018). Peningkatan kemampuan menulis teks ulasan film pendek pada siswa dengan strategi think talk write. Jurnal penelitian pendidikan, 18(2), 109-123.

Fatmawati, I. (2021). Peran guru dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran. Revorma: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, 1(1), 20-37.

Faurenda, N., Akhbar, M. T., & Syaflin, S. L. (2022). Keefektifan model Think talk write pada keterampilan menulis pantun siswa kelas IV SD Negeri 05 Rambang. Indonesian Research Journal on Education, 2(1), 31-39.

Jusniani, N., & Nurmasidah, L. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Generatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 12-19.

Kusmayadi, I. (2021). Peningkatan kemampuan menulis teks editorial dengan model kooperatif tipe think-talk-write (TTW). Jurnal Syntax Fusion, 1(1), 21-34.

Lisgianto, A., & Suhendri, H. (2021). Pengembangan Video Edukatif Volume Bangun Ruang Berbasis Etnomatematika Makanan Tradisonal Via Youtube. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 107-116.

Lukitasari, M., Handhika, J., & Murtafiah, W. (2021). Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Melalui Digital argumentation (PBM-DA). CV. AE MEDIA GRAFIKA.

Mawardini, A., & Inayah, Y. (2024). Menghadapi Tantangan Belajar IPA Di Kelas 4 SDIT Ibtidaiyah Dengan Analisis Dan Solusi Yang Menginspirasi. Seroja: Jurnal Pendidikan, 3(1), 91-99.

Nasution, N. D., Kusyani, D., & Zahara, S. F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write terhadap Kemampuan Menulis Teks Editorial. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 5(1), 27-36.

Nurhakiky, S. M. (2023). Komunikasi Pendidikan Islam: Tinjauan Model Implementatif Praktis di Sekolah. GAPAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 215-224.

Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan metode pembelajaran berorientasi student centered menuju masa transisi kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8839-8848.

Pohan, D., Saragih, S., & Khairani, N. (2023). Penerapan Pembelajaran Model Eliciting Activities (MEA) dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3350-3363.

Rosdiana, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Dengan Menggunakan Strategi Think-Talk-Write. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 132-139.

Sibuea, M. F. L., Sembiring, M. A., Almeina, I., & Agus, R. T. A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Photomath Sebagai Media Belajar Matematika. Jurnal Pemberdayaan Sosial Dan Teknologi Masyarakat, 2(1), 109-115.

Sirwanti, S., Mulyadi, M., & Syafruddin, M. (2023). Deskripsi pedagogical content knowledge guru matematika SMK ditinjau dari perbedaan gender. An Nisa', 13(2), 868-875.

Tasanif, F. M. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Tema 7 Materi Faktor Penyebab Keragaman Masyarakat Indonesia Dengan Moden Snoball Throwing Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 14 Kota Ternate. JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar), 5(1), 33-44.

Diterbitkan

2024-01-31

Cara Mengutip

Hasliati , W., & Jazuli , L. O. A. (2024). Kemampuan Menulis Matematis Siswa Menggunakan Strategi Think Talk Write. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 1–10. https://doi.org/10.36709/jpm.v15i1.193

Terbitan

Bagian

Articles