Tingkat Kecemasan Mahasiswa Dalam Belajar Teori Statistika Inferensial

Penulis

  • Sofia Yahya Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Afif Afghohani Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Erika Laras Astutiningtyas Universitas Veteran Bangun Nusantara

Kata Kunci:

hamilton anxiety rating scale, kecemasan, statistika inferensial teoritis

Abstrak

Kesulitan memahami materi dan menyelesaikan soal Statistika Inferensial Teoritis dapat menjadikan mahasiswa mengalami kecemasan pada mata kuliah Statistika Inferensial Teoritis. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecemasan mahasiswa pada mata Kuliah Statistika Inferensial Teoritis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan data kecemasan dari hasil kuesioner HARS Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Matematika semester V Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo dengan sebanyak 14 mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1 mahasiswa yang mengalami tingkat kecemasan sangat tinggi atau dengan persentase 0,07%, 8 mahasiswa yang mengalami kecemasan tinggi atau dengan persentase 0,57%, 4 mahasiswa yang mengalami kecemasan rendah atau dengan persentase 0,29%, dan 1 mahasiswa yang mengalami sangat rendah atau dengan persentase 0,07%. Faktor penyebab kecemasan tersebut diantaranya karena belum memahami materi yang diajarkan, mengalami kesulitan dalam pengerjaan soal maupun dalam memahami materi, belum menemukan metode belajar yang cocok, kurangnya rasa percaya diri, dan di beberapa materi harus membutuhkan tutor sebaya.

Referensi

Dzulfikar, A. (2021). Pengaruh Kecemasan Statistika terhadap Kemampuan Penalaran Statistik dalam Pembelajaran Kolaboratif Berbantuan Edmodo. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1–10. https://doi.org/10.30656/gauss.v4i2.3991

Exacta, A. P., & Hidajat, D. (2017). Tingkat Kecemasan Mahasiswa Menjelang Ujian Akhir Semester. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 243–250.

Fauziah, N., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Tingkat Kecemasan Siswa Dalam Menghadapi Ujian Matematika. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 179–188. https://doi.org/10.36526/tr.v4i1.872

Hadiprasetyo, K., Exacta, A. P., & Susilowati, D. (2022). Tingkat Kecemasan Mahasiswa pada Mata Kuliah Microteaching Berbasis Lesson Study. Absis: Mathematics Education Journal, 4(2), 77–83. https://doi.org/10.32585/absis.v4i2.2510

Handayani, S. D. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan, 4(1).

Istikomah, E., Sarah Fauziah, R., & Irawan, E. (2018). Analisis Hubungan Tingkat Kecemasan Matematika Dengan Hasil Belajar Mahasiswa. In Jurnal Pendidikan Matematika Sigma Didaktika (Vol. 6, Issue 1).

Jayantika, I. G. A. N. T. (2020). Kecemasan Matematika (Math Anxiety) Dilihat Dari Perbedaan Gender. Prosiding Mahasaraswati Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 159-163.

Kartika, D., & Aviani, Y. I. (2020). Faktor-Faktor Kecemasan Akademik Selama Pembelajaran Daring Pada Siswa SMA di Kabupaten Sarolangun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3544–3549.

Masni, E. D., Ralmugiz, U., & Rukman, N. K. (2020). Peningkatan Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Statistik Mahasiswa Melalui Pembelajaran Statistik Inferensial Berbasis Proyek Dengan Meninjau Gaya Kognitif Mahasiswa. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 12–26. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v5i2.401

Nur, I. R. D. (2020). Analisis kesulitan mahasiswa pada mata kuliah statistika inferensial. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 1(3), 208-215.

Rifqi, M., Fifari, A., Winarso, W., Tadris Matematika, J., Syekh, I., & Cirebon, N. (2020). Kecemasan dan Kebiasaan Belajar Matematika terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. https://doi.org/10.24014/sjme.v6i1.9457

Sarassanti, Y., Hasmy, A., & Rahmawati, Y. Z. (2023). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kuis Pada Materi Statistika Inferensial. In Jurnal Pendidikan Matematika (AL KHAWARIZMI) (Vol. 3, Issue 1).

Sari, R. (2019). Diagnosis Kecemasan Statistik Pendidikan Pada Mahasiswa Non-Matematika FTIK IAIN Langsa, 3(1).

Savitri, P. A. C., & Swandi, N. L. I. D. (2023). Intervensi Kecemasan Pada Mahasiswa : Literature Review. Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi, 4(1), 43. https://doi.org/10.24014/pib.v4i1.20628

Soleh, A., Candiasa, M., & Widiartini, N. K. (2014). Pengaruh Pembelajaran Remedial Berbantuan Tutor Sebaya terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa yang Mengalami Kesulitan Belajar dengan Kovariabel Tingkat Kecemasan, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 4(1).

Suminta, R. R. (2016). Kecemasan Statistik Ditinjau Dari Dukungan Akademik. QUALITY, 4(1), 120–139.

Ulya, H., & Rahayu, R. (2017). Pembelajaran Etnomatematika Untuk Menurunkan Kecemasan Matematika. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2). https://doi.org/10.26486/jm.v2i2.295

Zulfiani, Suwarna, I. P., & Sumantri, M. F. (2020). Science adaptive assessment tool: Kolb’s learning style profile and student’s higher order thinking skill level. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(2), 194–207. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i2.23840

Diterbitkan

2024-07-31

Cara Mengutip

Yahya, S., Afghohani , A. ., & Astutiningtyas, E. L. (2024). Tingkat Kecemasan Mahasiswa Dalam Belajar Teori Statistika Inferensial. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 141–152. Diambil dari https://jpm.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/188

Terbitan

Bagian

Articles