Pengembangan Lembar Kerja Elektronik Berbantuan GeoGebra Dengan Model Problem Based Learning
DOI:
https://doi.org/10.36709/jpm.v15i2.180Kata Kunci:
lembar kerja elektronik, geogebra, pembelajaran berbasis masalahAbstrak
Perkembangan dalam dalam dunia pendidikan sangat penting, baik dalam pengembangan proses bahan ajar, maupun teknologi pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana bahasa ajar yaitu e-worksheet dikembangkan dan kualitas e-worksheet hasil pengembangan e-worksheet. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap. Hasil dari penelitian ini adalah bahan ajar e-worksheet yang valid dan praktis. Berdasarkan hasil validitas oleh ahli materi diperoleh skor 98% dengan kriteria sangat dengan kriteria sangat valid. Hasil validitas oleh ahli media diperoleh skor 91,4% dengan kriteria sangat valid. Dengan kriteria sangat valid dan berdasarkan hasil validitas oleh ahli bahasa diperoleh skor 84,3% dengan kriteria valid. Berdasarkan hasil tanggapan Berdasarkan hasil respon guru diperoleh skor rata-rata 91,87% dengan kategori sangat kategori sangat praktis. Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh 79,9% dengan kategori praktis dan uji kelompok besar diperoleh skor rata-rata 88,9% dengan kategori sangat praktis. Dalam kategori sangat praktis. Jadi, berdasarkan hasil validitas, kepraktisan, dan keefektifan, maka dapat disimpulkan bahwa e-worksheet yang dikembangkan layak dan efektif untuk digunakan
Referensi
Andarwati, D., & Hernawati, K. (2013). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa ( LKS ) Berbasis Pendekatan Penemuan Terbimbing. (Universitas negeri Yogyakarta)
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.
Astuti, A. D. K. P. (2020). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Bobotsari. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 4(2), 37. https://doi.org/10.30595/alphamath.v4i2.7359
Astuti, & Sari, N. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Struktur Aljabar Di STKIP Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 73–80.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. In Encyclopedia of Evolutionary Psychological Science. Springer New York Dordrecht Heidelberg. https://doi.org/10.1007/978-3-319-19650-3_2438
Fatwa, V. C., Septian, A., & Inayah, S. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 389–398. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.535
Fitni, F., Suanto, E., & Maimunah, M. (2023). Pengembangan Lkpd Elektronik Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 2224. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.7022
Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores (Issue Division D, pp. 1–4). REA-D American Education Research Association’s Devision.
Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 905–910. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29305
Kemendikbud. (2023). Siaran Pers Siaran Pers.
Khotimah, K., Yuwono, I., & Rahardjo, S. (2016). Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Perbandingan Trigonometri. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Malang, 1, 46–52.
Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.825
Nieveen, N., Plomp, T., Akker, J. van den, Branch, R. M., & Gustafson, K. (1999). Design Approaches and Tools In Education and Training. In Stochastic Environmental Research and Risk Assessment (Vol. 29, Issue 7). Spinger Science Business Madia,B.V. https://doi.org/10.1007/s00477-014-0937-9
OECD. (2013). PISA 2012 Assesment and Analytical Framework:Mathematics, Reading, Science Problem Solving and Financial Literacy. In Autistic States in Children. OECD Publishing. https://doi.org/10.4324/9781003090366
Paloloang, M. F. B., Juandi, D., Tamur, M., Paloloang, B., & Adem, A. M. G. (2020). Meta Analisis: Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Di Indonesia Tujuh Tahun Terakhir. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 851. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3049
Pamungkas, M. D., & Franita, Y. (2019). Keefektifan problem based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 5(2), 75–80. https://doi.org/10.37058/jp3m.v5i2.957
Santia, I. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smp Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa. JIPMat, 3(2), 81–85. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i2.2748
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian (Cetakan ke). ALFABETA.
Syafruddin, I. S., Pamungkas, A. S., Khaerunnisa, E., & Rafianti, I. (2022). Pengembangan E-LKPD untuk Mendukung Kemampuan Literasi Matematis pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(03), 3214–3227. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1727
Wahyuni Ningsi, S., Kadir, K., & Rahmat, R. (2022). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP. Jurnal Amal Pendidikan, 3(1), 75. https://doi.org/10.36709/japend.v3i1.25271
Widdah, H., & Faradiba, S. S. (2022). Analisis Literasi Matematika Pada Pembelajaran Matriks Menggunakan Mind Mapping. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1670–1681. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1374
Yati, W., & Amini, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Dengan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Turnamen Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 158–167. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.335
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Niken Sulfayanti, Makmuri, Mimi Nur Hajizah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.