Model ISSETCM2 dan Disposisi Matematis: Dampak terhadap Pemahaman Konsep

Penulis

  • Nanang Supriadi UIN Raden Intan Lampung
  • Devvi Mila Yuniar UIN Raden Intan Lampung
  • Dona Dinda Pratiwi UIN Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.36709/jpm.v15i2.165

Kata Kunci:

disposisi matematis, issetcm2, pemahaman konsep

Abstrak

Kesulitan menguasai pemahaman konsep matematis untuk memecahkan masalah dan kurangnya kesadaran serta dorongan untuk belajar matematika mengakibatkan kepercayaan diri peserta didik rendah dalam pembelajaran. Peserta didik juga cenderung terpaku dengan apa yang diajarkan dan belum dapat memahami konsep yang sebenarnya dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  terdapat pengaruh model pembelajaran ISSETCM2 dan disposisi matematis terhadap kemampuan pemahaman konsep. Penelitian ini dilakukan pada siswa sekolah menengah pertama  di Kabupaten Lampung Timur. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design, dimana pada penelitian ini dilakukan dengan mengambil dua kelas dengan total peserta didik sebanyak 50 peserta didik yang penentuannya dilakukan dengan cara cluster random sampling. Data dikumpulkan dengan teknik pengisian angket disposisi matematis dan tes kemampuan pemahaman konsep dalam bentuk soal uraian. Analisis data menggunakan uji ANCOVA dengan terlebih dahulu melakukan uji prasyarat normalitas, homogenitas, homogenitas koefisien regresi linier dan uji linearitas regresi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh lebih baik model pembelajaran ISSETCM2 dibandingkan model ekspositori dan disposisi matematis terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa baik secara parsial maupun simultan.

Referensi

Aledya, V. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa. Universitas Negeri Medan

Anggraini, Y. P., & Kartini, K. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Pada Siswa Kelas Ix Smpn 2 Bangkinang Kota. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 210. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.7682

Anna, P. (2010). Sains Teknologi Masyarakat. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Apriliani, I. (2018). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions Dan Think Pair and Share Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Peka, 1(2), 33–39. https://doi.org/10.37150/jp.v1i2.1102

Aulia, S., Mujib, M., Pratiwi, D. D., & Mardiyah, M. (2023). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Pembelajaran ADI dengan Reward and Punishment Ditinjau dari Multiple Intelligences. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 9(1), 93-100.

Ayodele, O. J. (2011). Self-concept and Performance of Secondary School Students in Mathematics. Journal of Educational and Developmental Psychology, 1(1), 176–183. https://doi.org/10.5539/jedp.v1n1p176

Buzan, T. (2008). buku pintar mind map.

Feng, R., Alsager, H. N., Azizi, Z., & Sarabani, L. (2023). Impact of mind-mapping technique on EFL learners’ vocabulary recall and retention, learning motivation, and willingness to communicate. Heliyon, 9(6), e16560. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e16560

Hasan, U. R., Nur, F., Rahman, U., Suharti, S., & Damayanti, E. (2021). Self Regulation, Self Esteem, dan Self Concept Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 38–45. https://doi.org/10.24176/anargya.v4i1.5715

Hatisaru, V., & Erbas, A. (2017). Mathematical Knowledge for Teaching the Function Concept and Student Learning Outcomes. International Journal of Science and Mathematics Education, 15, 703–722. https://doi.org/10.1007/s10763-015-9707-5

Hayati, N. (2022). Pengaruh Model Integrating, Society, Science Enviroment, Technologi And Collaborative Mind Mapping (ISSETCM2) Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Ditinjau Dari Adversity Quotient. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 45–23.

Hayati, N., Anggoro, B. S., & Imama, K. (2022). The effect of integrating society, science, environment, technology, and collaborative mind mapping (ISSETCM2) model on mathematical literacy in terms of adversity quotient. Journal of Advanced Sciences and Mathematics Education, 2(2), 81–88. https://doi.org/10.58524/jasme.v2i2.118

Kadir. (2019). Statistika Terapan (3rd ed.). RajaGrafindo Persada

Lestari, S., & Rukmigarsari, E. (2021). pengaruh disposisi matematis dan self consept terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi aritmatika sosial.

Mahmudah, I., Munawarroh, S., Rosikin, A., & Halim Fathani, A. (2020). Pengukuran Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Implementasi Model Pembelajaran Knisley Berbasis Gaya Belajar. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 16(2), 131. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v16i2.2045

Maryani, A. (2019). Pengembangan Model Integrating Society , Science , Environment , Technology And Collaborative Mind Mapping ( Issetcm2 ) Untuk Memberdayakan Literasi TESIS Disusun untuk memenuhi persyaratan mencapai derajat Magister Program Studi Pendidikan Sains PENGEMBA.

Mayasari, D., & Habeahan, N. L. S. (2021). The Ability Of Students’conceptual Understanding In Completing Story Problems On Mathematics. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 12(2), 123-136. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v12i2.43354

Mujib, Mardiyah, & Suherman. (2022). Model Integrating Society, Science, Environment, Technology And Collaborative Mind Mapping mempengaruhi Penalaran Matematis dan Multiple Intellegences. 8(1), 110–129.

Mukuka, A., Balimuttajjo, S., & Mutarutinya, V. (2023). Teacher efforts towards the development of students’ mathematical reasoning skills. Heliyon, 9(4), e14789. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e14789

Nur, H. (2022). Pengaruh Model Integrating, Society, Science Enviroment, Technologi And Collaborative Mind Mapping (ISSETCM2) Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Ditinjau Dari Adversity Quotient. (UIN Raden Intan Lampung).

Nurhidayat, W., Surahman, E., & Sujarwanto, E. (2023). The Effect of Conceptual Understanding Procedures Learning Model on Students’ Higher Level Thinking Skills. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 12, 386–394. https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v12i2.58709

Nurwahid, M., & Shodikin, A. (2021). Komparasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Pembelajaran Segiempat. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2218-2228.

Pranata, E. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 34. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.80

Pratiwi, D. D. (2016). Pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 191–202. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.34

Putri, L. I. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Konsep Dasar Pecahan Madrasah Ibtidaiyah Bervisi SETS Di MI AL Hadi Girikusuma. Sosio Dialektika, 2(22), 65–81.

Putri, N. I. S. (2022). Pengaruh Model Integrating Society, Science, Environment, Technology, And Collaborative Mind Mapping (Issetcm2) Terhadap Penalaran Matematis Ditinjau Dari Multiple Intelligences Siswa Smp Negeri 3 Jati Agung. (UIN Raden Intan Lampung)

Shodikin, A., & Rahayu, T. R. (2022). Pengaruh model pembelajaran think pair share berbantuan rubik terhadap prestasi belajar siswa. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(2), 127-138.

Taufiqur. . (2018). Aplikasi Model-Model Pembelajaran dalam Penelitian Tindakan kelas (K. Saifuddin (ed.); 1st ed.).

Sa’adah, N., Suherman, S., Mujib, M., Mardiyah, M., & Komarudin, K. (2021). Model Pembelajaran ISSETCM2: Pengaruhnya Terhadap Penalaran Matematis dan Multiple Intelligences Siswa. Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 142-157.

Sefalianti, B. (2020). Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(2), 11–20.

Siregar, H. L., Siregar, Y. P., & Hakim, L. (2020). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Mathematic Education Journal, 3(3), 42–49.

Sumarmo, U. (2010). Berpikir Dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan bagaimana dikembangkan pada peserta didik. Bandung: FPMIPA UPI, 1938–1942.

Sumirat, L. A. (2020). Efektifitas Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write (TTW) Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Disposisi Matematis Siswa. Efektifitas Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write (TTW) Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Disposisi Matematis Siswa, 1(2), 24.

Susmita, E. (2021). pengaruh model integrating society, science, environment, technology and collaborative mind mapping (ISSETCM2) terhadap penalaran matematis ditinjau dari multiple intelligences. 1996, 6.

Syafrida, M. A., Alifviyani, N., Ramadhani, S., Septinarami, C. S., & Yunita, S. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan hasil belajar siswa kelas 10 MA. Original Research, 80, 81–86.

Trisnowali, A. (2015). Profil Disposisi Matematis Siswa Pemenang Olimpiade Pada Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Journal of Educational Science and Technology (EST), 1(3), 47–57. https://doi.org/10.26858/est.v1i3.1826

Vitona, D., Supriadi, N., & Rinaldi, A. (2023). He Fleming Vark Model And Self-Concept: Does It Affect Understanding Of Mathematical Concepts. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 0(0).

Yeh, C. Y. C., Cheng, H. N. H., Chen, Z.-H., Liao, C. C. Y., & Chan, T.-W. (2019). Enhancing achievement and interest in mathematics learning through Math-Island. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 14(1), 5. https://doi.org/10.1186/s41039-019-0100-9

Yuliani, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Dengan Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, Society) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Biologi Peserta Didik Kelas X SMAN 15 Bandar Lampung. 46.

Zumaroh, L. S., & Haqiqi, A. K. (2022). Pengaruh Disposisi Matematis Siswa terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Tabung Kelas IX. Jurnal Tadris Matematika, 5(1), 111–122. https://doi.org/10.21274/jtm.2022.5.1.111-122

Diterbitkan

2024-07-31

Cara Mengutip

Supriadi, N., Yuniar, D. M. ., & Pratiwi, D. D. (2024). Model ISSETCM2 dan Disposisi Matematis: Dampak terhadap Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 102–113. https://doi.org/10.36709/jpm.v15i2.165

Terbitan

Bagian

Articles