Investigasi Kemampuan Guru Matematika Mengembangkan Pertanyaan Pemantik

Penulis

  • Lydia Lia Prayitno Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Ninik Mutianingsih Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Eko Sugandi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36709/jpm.v15i2.160

Kata Kunci:

guru matematika, investigasi kemampuan, pertanyaan pemantik

Abstrak

Pembelajaran saat ini guru ditutut untuk inovatif dan kreatif sesuai dengan perkembangan kurikulum, yaitu kurikulum merdeka. Selain itu guru juga harus dapat engembangkan modul ajar. Terdapat tiga istilah krusial dalam pembuatan modul ajar, salah satunya adalah pembuatan pertanyaan pemantik. Penelitian deskriptif kuantitatif ini melibatkan guru matematika yang sedang mengampu Program Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG DalJab) gelombang 2 di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Tujuan dari penelitian ini untuk melakukan investigasi kepada guru matematika dalam mengembangkan pertanyaan pemantik. Data penelitian ini diperoleh dari hasil dokumentasi guru matematika dalam mengembangkan perangkat pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis dengan prosentase kemampuan guru dalam mengembangkan pertanyaan pemantik berdasarkan kategori pertanyaan. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan diatas, pertanyaan pemantik yang sudah dibuat oleh guru bisa muncul lebih dari satu kategori pertanyaan, analisis lebih detail pertanyaan pemantik yang muncul satu kategori pertanyaan yaitu FQ (30%), P-NS Q (3,3%), LQ (10%), YNQ (3,3%), PQ (13,3%), selanjutnya pertanyaan pemantik yang muncul dua kategori pertanyaan yaitu FQ-YNQ (6,7%), LQ-PQ (3,3%), YNQ-LQ (6,7%), FQ-PQ (3,3%) dan terdapat 20% yang tidak menyertakan pertanyaan pemantik. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa guru sudah mampu dalam mengembangkan pertanyaan pemantik, dengan kategori pertanyaan yang berbeda

Referensi

Ambrose, R., Moyer, P., & Haydar, H. (2001). Exploring the Use of Clinical Interviews in Teacher Development. Msu.Edu, 1(May 2014), 89–91. https://www.msu.edu/~crespo/discusgrpinterviews.pdf

Creswell, J., & Poth, C. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. SAGE Publication Inc.

Domu, I., Regar, V. E., Kumesan, S., Mangelep, N. O., & Manurung, O. (2023). Did the Teacher Ask the Right Questions? An Analysis of Teacher Asking Ability in Stimulating Students’ Mathematical Literacy. Journal of Higher Education Theory and Practice, 23(5), 248–256. https://doi.org/10.33423/jhetp.v23i5.5970

Dunphy, E. (2010). Exploring young children’s (mathematical) thinking: Preservice teachers reflect on the use of the one-to-one interview. International Journal of Early Years Education, 18(4), 331–347. https://doi.org/10.1080/09669760.2010.531610

Franke, M. L., Webb, N. M., Chan, A. G., Ing, M., Freund, D., & Battey, D. (2009). Teacher questioning to elicit students’ mathematical thinking in elementary school classrooms. Journal of Teacher Education, 60(4), 380–392. https://doi.org/10.1177/0022487109339906

Gözde, M., & Tataro, B. (2020). Examining the Change of Pre-Service Middle School Mathematics Teachers ’ Questioning Approaches Through Clinical Interviews. Mathematics Teacher Education and Development, 22(1), 115–138.

Groth, R. E., Bergner, J. A., & Burgess, C. R. (2016). An Exploration of Prospective Teachers’ Learning of Clinical Interview Techniques 1. Mathematics Teacher Education and Development, 18(2), 48–71.

Heng, M. A., & Sudarshan, A. (2013). “Bigger number means you plus!”-Teachers learning to use clinical interviews to understand students’ mathematical thinking. Educational Studies in Mathematics, 83(3), 471–485. https://doi.org/10.1007/s10649-013-9469-3

Klein, S., & Leikin, R. (2020). Opening mathematical problems for posing open mathematical tasks: what do teachers do and feel? Educational Studies in Mathematics, 105(3), 349–365. https://doi.org/10.1007/s10649-020-09983-y

Latif, A., Damris, D., & Kamid, K. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Eliciting Activities (MEAs) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3190–3206. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.968

Leikin, R. (2021). Characterisation of Mathematics Teacher Educators’ Knowledge in Terms of Teachers’ Professional Potential and Challenging Content for Mathematics Teachers. In M. Goos & K. Beswick (Eds.), Goos, M., Beswick, K. (eds) The Learning and Development of Mathematics Teacher Educators. Research in Mathematics Education (pp. 109–122). Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-030-62408-8_1

Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN

Mastuti, A. G., & Prayitno, L. L. (2023). Exploring high school teacher’s design of rich algebra tasks. Jurnal Elemen, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.29408/jel.v9i1.5851

McDonough, A., Clarke, B., & Clarke, D. M. (2002). Understanding, assessing and developing children’s mathematical thinking: The power of a one-to-one interview for preservice teachers in providing insights into appropriate pedagogical practices. International Journal of Educational Research, 37(2), 211–226. https://doi.org/10.1016/S0883-0355(02)00061-7

Meisya, S., Suhandri, S., & Nufus, H. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model-Eliciting Activities untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 33. https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.5051

Moyer, P., & Milewicz, E. (2002). Learning to questions: Categories of questioning used by preservice teachers during diagnostic mathematics interviews. Journal of Mathematics Teacher Education, 5, 293–315. https://doi.org/10.5840/tpm20156951

Mutianingsih, N., Prayitno, L. L., Chamidah, A., & Lestari, D. A. (2023). Investigasi Persepsi Calon Guru Matematika tentang TPACK. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematik, 7(2), 171–181. https://doi.org/10.36526/tr.v%vi%i.3056

Mutianingsih, O. N., Nugraheni, L., Rahayu, S., & Astutik, E. P. (2022). Pelatihan Pembuatan Multimedia Pembelajran Berbasis Corel Draw Bagi Guru Smp Pgri 1 Buduran Sidoarjo. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(12), 3231–3236. http://bajangjournal.com/index.php/J-ABDI

Paoletti, T., Krupnik, V., Papadopoulos, D., Olsen, J., & Fukawa-Connelly, T. (2018). Teacher Questioning and Invitations to Participate in Advanced Mathematics Lectures. Educational Studies in Mathematics, 98(1), 1–17. https://digitalcommons.montclair.edu/mathsci-facpubs://digitalcommons.montclair.edu/mathsci-facpubs/3

Prayitno, L. L., Mutianingsih, N., Lestari, D. A., Rosyidah, A. D. A., & Sumianto, D. (2023). Kesalahan Calon Guru Matematika Dalam Mengembangkan Modul Ajar Jenjang Sekolah Menengah. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 11(1), 31–46. https://doi.org/10.25139/smj.v11i1.5694

Prayitno, L. L., Purwanto, P., Subanji, S., & Susiswo, S. (2018). Identification Errors of Problem Posed by Prospective Teachers About Fraction Based Meaning Structure. International Journal of Insights for Mathematics Teaching, 01(1), 76–84.

Sahin, A., & Kulm, G. (2008). Sixth grade mathematics teachers’ intentions and use of probing, guiding, and factual questions. Journal of Mathematics Teacher Education, 11(3), 221–241. https://doi.org/10.1007/s10857-008-9071-2

Setiawan, R., Syahria, N., Andanty, F. D., & Nabhan, S. (2022). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Bahasa Inggris Smk Kota Surabaya. Jurnal Gramaswara, 2(2), 49–62. https://doi.org/10.21776/ub.gramaswara.2022.002.02.05

Stockero, S. L., Rupnow, R. L., & Pascoe, A. E. (2017). Learning to notice important student mathematical thinking in complex classroom interactions. Teaching and Teacher Education, 63(906), 384–395. https://doi.org/10.1016/j.tate.2017.01.006

Yusrizal, Safiah, I., & Nurhaidah. (2017). Kompetensi Guru dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SD Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(April), 126–134.

Zaslavsky, O. (2005). Open-ended tasks as a trigger for mathematics teachers’ professional development. For the Learning of Mathematics, 15(3), 15-20 ST-Open-ended tasks as a trigger for math. http://www.jstor.org/stable/40248183

Diterbitkan

2024-07-31

Cara Mengutip

Prayitno , L. L. ., Mutianingsih, N., & Sugandi , E. (2024). Investigasi Kemampuan Guru Matematika Mengembangkan Pertanyaan Pemantik . Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 131–140. https://doi.org/10.36709/jpm.v15i2.160

Terbitan

Bagian

Articles