Kodular : E-Modul Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.36709/jpm.v15i1.145Kata Kunci:
android, e-modul, kemampuan komunikasi matematis, kodularAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk e-modul berbasis android dengan bantuan kodular serta untuk mengetahui kelayakan dari e-modul tersebut dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek penelitian ini adalah 23 siswa kelas VIII B SMP Negeri 15 Kota Serang. Berdasarkan penelitian didapatkan hasil uji validasi ahli materi memperoleh presentase sebesar 79,16% dengan kategori layak dan untuk uji validasi ahli media memperoleh presentase sebesar 78,33% dengan kategori layak. Hasil uji kepraktisan guru memperoleh presentase sebesar 77,08% dengan kategori praktis, dan untuk hasil uji respon siswa memperoleh presentase sebesar 79,95% dengan kategori baik. Keefektifan e-modul berdasarkan skor n-gain diperoleh skor sebesar 0.4 dengan interpretasi peningkatan pada kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis android menggunakan kodular untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP dinyatakan layak, praktis dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran matematika.
Referensi
Afriyanti, I., Wardono, & Kartono. (2018). Pengembangan Literasi Matematika Mengacu PISA Melalui Pembelajaran Abad Ke-21 Berbasis Teknologi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 608–617.
Aisyah, & Dewi, S. (2017). Pengembangan Soal Tipe PISA Untuk Mengukur Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Tingkat Sekolah Menengah Pertama Di Kota Jambi. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 136–147. https://doi.org/10.33087/phi.v2i2.34
Aisyah, S. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24319/https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24319/1/Siti Aisyah, 170205071, FTK, PMA, 081265145334.pdf
Apriyani, D. D. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Proyeksi Terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2), 115–123. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.1828
Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). 301729-Hubungan-Kemampuan-Pemecahan-Masalah-Mat-598F71E9. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 82–91.
Asri, P. N., Yuniarti, T., & Widyastuti. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 6(1), 89. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/15024
Crismono, P. C. (2017). Pengaruh Outdoor Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Junal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 106–113. https://doi.org/10.21831/jpms.v5i2.15482
Depdiknas. (2003). Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Elgasari, Y. T. A. (2021). Pengembangan Modul Penyajian Data Berbasis Pendekatan Kontekstual Untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP. Universitas Sanata Dharma.
Farida. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Heuritik Vee Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 111–119.
Hafsah, N. R., Rohendi, D., & Purnawan, P. (2016). Penerapan Media Pembelajaran Modul Elektronik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik. Journal of Mechanical Engineering Education, 3(1), 106–112. https://doi.org/10.17509/jmee.v3i1.3200
Hake, R. R. (1999). Analyzing Change-Gain Scores.
Haviz, M. (2013). Research and Development; Penelitian Di Bidang Kependidikan Yang Inovatif, Produktif Dan Bermakna. Ta’dib, 16(1). https://doi.org/10.31958/jt.v16i1.235
Irsalina, A., & Dwiningsih, K. (2018). Practicality Analysis of Developing the Student Worksheet Oriented Blended Learning in Acid Base Material. JKPK (Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia), 3(3), 171–182. https://doi.org/10.20961/jkpk.v3i3.25648
Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika (B. S. Fatmawati (ed.)). Bumi Aksara.
Kemdikbud. (2019). Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas
Kusniyati, H., & Sitanggang, N. S. P. (2016). Aplikasi Edukasi Budaya Toba Samosir Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.15408/jti.v9i1.5573
Lamonta, P. A., Tandiayuk, M. B., & Puluhulawa, I. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu Dalam Memahami Volume Balok. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 03(04), 464–477.
Lee, W. W., & Owens, D. L. (2004). Multimedia-Based Instructional Design. Pfeiffer.
Lestari, D. A. (2021). Pengertian Kodular. https://dwiay.com/2021/02/21/pengertian-kodular/
Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014
Mauldy, I., & Saefurahman, A. (2020). Pengaruh Retailing MIX Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Alfamart Matraman Raya 3 Jakarta Timur). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, 1–18.
Nugraha, T. H., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Perbedaan Gender. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i1.5880
Nugroho, A. A., Putra, R. W. Y., Putra, F. G., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Blog Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 197. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2028
Pamungkas, R. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Kodular Pada Materi Percabangan dan Perulangan Guna Meningkatkan Pemahaman Siswa. (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Riduwan, & Akdon. (2013). Rumus Data Dalam Aplikasi statistika. Alfabeta.
Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Kreano.
Siagian, M. D. (2017). Pembelajaran Matematika Dalam Persfektif Konstruktivisme. NIZHAMIYAH: Jurnal Pendidikan Islam Dan Teknologi Pendidikan, VII(2), 61–73. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30821/niz.v7i2.188
Sriwahyuni, T., Amelia, R., & Maya, R. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Segiempat dab Segitiga. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 3(1), 18–23.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Syafina, V., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswapada Materi Spldv. Jurnal MAJU, 7(2), 118–125.
Syahril, R. F., Saragih, S., & Heleni, S. (2021). Development of Mathematics Learning Instrument Using Problem Based Learning Model on the Subject Sequence and Series for Senior High School Grade Xi. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 3(1), 9–17. https://doi.org/10.33578/prinsip.v3i1.62
Wicaksono, S. (2016). The Development Of Interactive Multimedia Based Learning Using Macromedia Flash 8 In Accounting Course. Journal of Accounting and Business Education, 1(1), 122–139. https://doi.org/10.26675/jabe.v1i1.6734
Yuniarti, Y. (2014). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 6(2), 109–114. https://doi.org/10.17509/eh.v6i2.4575
Zuliana, & Nasution, M. I. P. (2013). Aplikasi Pusat Panggilan Tindakan Kriminal Di Kota Medan Berbasis Android. Prosiding Seminar Nasional Informatika, July. https://doi.org/10.13140/rg.2.1.2098.4563
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Cantika Rahmawati, Nurul Anriani, Etika Khaerunnisa
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.