Pengaruh Model Pembelajaran Team Asissted Individualization Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Ditinjau Dari Sikap Siswa
DOI:
https://doi.org/10.36709/jpm.v13i2.13Kata Kunci:
kemampuan berpikir kreatif matematika, sikap siswa, team assisted individualizationAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran TAI terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VIII SMPN 3 Kendari. (2) pengaruh sikap terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VIII SMPN 3 Kendari. (3) pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan sikap terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa SMPN 3 Kendari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Kendari yang terdiri dari 9 kelas parallel. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini meliputi kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Desain penelitian menggunakan factorial design. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui pemberian instrumen berupa tes kemampuan berpikir kreatif berbentuk soal uraian, angket sikap dan lembar observasi. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan (1) tidak terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran TAI terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswakelas VIII SMPN 3 Kendari; (2) terdapat pengaruh yang signifikan sikap terhadap kemampuan berpikir berpikir kreatif matematika siswa kelas VIII SMPN 3 Kendari; (3) terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan sikap terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswadi SMPN 3 Kendari.
Referensi
Ardiansyah, A. S. (2015). Eksplorasi Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII pada Pembelajaran Matematika Setting Problem Based Learning. (Universitas Negeri Semarang).
Hartati, L. (2012). Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika. Universitas Indraprasta PGRI. Jurnal Formatif, 3(3).
Kasimu, O. (2017). Students Attitudes Towards Mathematics: The Case of Private and Apublic Junior High Schools in The East Mamprusi District. Gembaga Cillage of Education. 7(5), 38-43.
Lambertus., Ambarsari, M., & Maonde, F. (2016). Pengaruh Sikap Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 105-124.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Mahmudi, A. (2008). Tinjauan Kreativitas dalam Pembelajaran Matematik. Pythagoras. 4(2), 37-49.
Mursidik, E. M., Samsiyah, N., & Rudyanto, H. E. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Memecahkan Masalah Matematika Open-Ended Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogia, 4(1), 23-33. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.69
Noer, H. S. (2009). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Apa, Mengapa, dan Bagaimana? Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA Fakultas MIP.
Noferina, R., Nurdin, E., & Noviarni, (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Contextual Teaching And Learning Ditinjau Dari Disposisi Matematis. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 69-79. http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v9i1.10208
Noviyana, H. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. Jurnal Edumath, 3(2), 110-117.
OECD. (2019). Programme for International Student Assesment (PISA) Results from PISA 2018.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
Rudyanto, H. E. (2014). Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Premiere Educandum, 4(1), 41-48.
Salim, & Prajono, R. (2018). Profil Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII1 SMP Negeri 9 Kendari. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(9), 594-602
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematika dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal Mathematics Educatoin and Science), 2(1), 59-67.
Siskandar. (2008). Sikap dan Motivasi Siswa dalam Kaitan dengan Hasil Belajar Matematika di SD. Retrieved from http://jurnal.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/1407208438451.pdf
Siswono, T. Y. E. (2005). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 10(1), 1-15
Soraya, V., Khaldun, I., & Halim, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teams Assisted Individualization (TAI) Terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau dari Kemampuan Matematika Peserta didik pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis Kelas X SMA Negeri 2 Bandar Baru. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 2(4), 53-60.
Suharyat, Y. (2009). Hubungan antara Sikap, Minat dan Perilaku Manusia. REGION, 1(3).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Afrah Fatina Nasir, Busnawir, Latief Sahidin
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.