Pengaruh Pendekatan PMRI Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.36709/jpm.v13i2.11Kata Kunci:
aktivitas siswa, kemampuan berpikir kritis, peluang, pendidikan matematika realistik indonesiaAbstrak
Pendidikan Matematika Realistik Indonesia adalah pendekatan pembelajaran matematika yang berpusat pada siswa serta matematika harus dihubungkan secara konkret kehidupan sehari-hari siswa ke pengalaman belajar yang mengarah pada hal-hal yang real. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendekatan PMRI terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi peluang di kelas XI RPL SMK PGRI 2 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain One Shot Case Study. Sampel yang digunakan sebanyak 30 siswa. Instrument penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa serta hasil tes analisis kemampuan berpikir kritis pada posttest. Pada analisis data menggunakan uji asumsi dan uji parsial regresi. Hasil analisis asumsi klasik menunjukkan bahwa residual berdistribusi normal, bersifat homogen dan tidak terjadi korelasi antar residual. Pada parsial regresi diperoleh thitung sebesar 10,953 dan ttabel sebesar 2,048 keputusannya bahwa H0 ditolak atau terdapat pengaruh yang signifikan dari pendekatan Pendidikan Matematika Reaistik Indonesia terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan nilai koefisien determinasi sebesar 81,1% dengan kriteria yang baik berarti sebagian besar siswa dapat mencapai hasil belajar yang baik dengan kemampuan berpikir kritis
Referensi
Fadila, N. U., & E, I. (2021). Meta Analisis Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemmpuan Berpikir Kritis Pada Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 5(2), 887-894. http://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.852.
Hadi, S. (2015). Pendidikan Matematika Realistik. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Hanah, R. (2016). Penggunaan Bahan Manipulatif Untuk Memahamkan Materi Peluang Pada Siswa SMP Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Reaistik. Jurnal Pendidikan Teori Penelitian dan Pengembangan, 1(5), 927-939.
Husna, R., Saragih, S., & Siman. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematika Realistik Pada Siswa SMP Kelas VII Langsa. Jurnal Pendidikan Matematika Paradikma, 6(2), 175-186. http://doi.org/10.24114/paradikma.v6i2.1080.
Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2016). Peranan Kemampuan Verbal dan Kemampuan Numerik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 110-119. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v5i2.669
Ismaimuza, D. (2013). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Untuk Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA FKIP UNTAD, Palu, 375-378.
Julita. (2014). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mstematik Melalui Pembelajaran Pencapaian Konsep. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana STKIP Siliwangi.
Lestariningsih, L., & Awaluddin, A. (2014). Pengembangan LKK dengan Pendekatan PMRI Pada Materi Limas dan Prisma Tegak. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 2(1), 1-8.
Liberna. (2015). Penigkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Penggunaan Metode Improve Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3), 190-197.
Mala, F., Nila, K., & Marvinda, R., D., D. (2021). Pembeajaran Matematika Berdasarkan Pendekatan PMRI Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4).
Russefendi. (2012). Filsafat Pembelajaran PMRI (Materi pada pelatihan PMRI untuk dosen PGSD di Bandung). Bandung: Rosdakarya.
Safrudin, Y. (2014). Meninkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Prosiding Seminar Nasional, Bandung.
Sari, M., Susiswo, & Nusantara, T. (2017). Pengembangan LKS Menggunakan problem Creating Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, 2(6), 773-779.
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1), 58-67. http://doi.org/10.30743/mes.v2i1.11.
Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Susanto, A. (2021). Pengembangan E-Media Neapod Melalui Model Discovery Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 5(5), 3498-3512. http://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1399.
Susilawati, E., Agustinasari, A., Samsudin, A., & Siahaan, P. (2020). Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1), 11–16. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1453
Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Devi Meinanda Rosalia, Lestariningsih Lestariningsih, Intan Bigita Kusumawati
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.