Pengembangan Soal Matematika Model PISA Konteks Ramadhan dengan Konten Uncertanty and Data
DOI:
https://doi.org/10.36709/jpm.v15i1.80Keywords:
literasi matematika, pisa, uncertanty and dataAbstract
Literasi matematika merupakan keterampilan yang diukur dalam (PISA). Literasi matematika membantu orang untuk mengenali peran matematika di dunia. PISA memiliki 4 muatan konten satu diantara nya uncertanty and data. Ramadhan menjadi salah satu konteks sosial dengan kriteria soal PISA. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal matematika model PISA konteks Ramadhan dengan konten uncertanty and data, melihat kevalidan dan kepraktisan soal model pisa serta melihat kemampuan literasi matematika terhadap siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode pengembangan dengan fokus pada tahapan self-evaluation, expert review, one-to-one dan small group. Subjek penelitian ini adalah 9 orang siswa SMP Srijaya Negara Palembang kelas VIII.A dengan tingkat kemampuan beragam. Teknik pengumpulan data diperoleh dari tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian diperoleh bahwa siswa hanya mampu menjawab soal model PISA sampai level 2 saja, siswa masih ada yang mengalami kesulitan dan kebingungan dalam menjawab dan memahami soal model PISA konteks ramadhan dengan konten uncertanty and data rsebut. Hal ini disebabkan bahwa literasi matematis siswa masih rendah dalam menyelesaikan soal model PISA tersebut. dan dengan memperhatikan tahap expert review, one-to-one, dan small group hingga diperoleh soal konteks Ramadhan dengan konten uncertanty and data ni dapat dijadikan soal model PISA yang valid dan praktis.
References
Adawiyah, Y. N., Zakiah, N. E., & Zamnah, L. N. (2023). Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 4(1), 198-206.
Azzahra, H. M., Fitrianti, Y. F., Syutaridho, S., & Evriani, A. E. (2021). Validitas Pengembangan Soal Matematika Model PISA: Konteks Covid-19 Dalam 4 Konten Berbeda. JEMST (Jurnal of Education in Mathematics, Science, and Technology), 4(1), 29-41.
Efriani, A., Al Jannah, N. N., & Agustiani, R., (2020). Implementasi Konten Covid-19 Pada Soal Tipe PISA: Pengujian Validitas. JEMST (Jurnal of Education in Mathematics, Science, and Technology), 3(2), 56-57.
Efriani, A., & Kartika Sari, Y. (2022). Analisis Kemampuan Siswa dalam Penyelesaian Soal Pengayaan Model PISA Level 4 Kelas VII. CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(02), 89–99. https://doi.org/10.28918/circle.v2i02.5677
Efriani, A., Putri, R. I. I., & Hapizah, H. (2018). Row Sport Context in PISA Like Mathematics Problem. Journal of Education and Learning (EduLearn), 12(4), 757–765. https://doi.org/10.11591/edulearn.v12i4.9113
Hidayat, R., Roza, Y., & Murni, A. (2019). Peran Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Literasi Matematis dan Kemandirian Belajar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 213. https://doi.org/10.24014/juring.v1i 3.5359
Junika, N., Izzati, N., & Tambunan, L. R. (2020). Pengembangan Soal Statistika Model PISA untuk Melatih Kemampuan Literasi Statistika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 499–510. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.615
Kurniawan, D., & Dewi, S.V. (2017).Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Media Screencast- O-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiangarajan . Jurnal Siliwangi, 3(1), 214-219.
Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis kemampuan literasi matematis siswa melalui soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291-300.
Muzaki, A., & Masjudin. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Mosharofa, 8(3), 493–502.
OECD. (2019a). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. In OECD Publishing. https://www.oecd-ilibrary.org/docserver/9789264190511 en.pdf?expires=1569847112&id=id&accname=guest&checksum=08AEA3FD9105123D4555A383BD097B5E
Pernandes, O., & Asmara, A. (2020). Kemampuan Literasi Matematis Melalui Model Discovery Learning di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(01), 140–147.
Pulungan, D. A. (2014). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Matematika Model Pisa. Journal of Educational Research and Evaluation, 3(2), 2–6. https://doi.org/10.15294/jere
Puspa, E. F. (2015). Pengembangan soal matematika model PISA untuk mengetahui argumentasi siswa di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 124-147.
Putra, Y. Y., Zulkardi, Z., & Hartono, Y. (2016). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Konten Bilangan untuk Mengetahui Kemampuan Literasi Matematika Siswa. Jurnal Elemen, 2(1), 14–26. https://doi.org/10.29408/jel.v2i1.175
Rachmah, F. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Model Pisa : Formulate Dan Employ, 3(2), 56–64.
Riyani, R., Maizora, S., & Hanifah, H.. (2017). Uji Validitas Pengembangan Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman relaional Pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas Vii Smp. Jurnal Penelitan Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 60-65.
Restianingsih, A., Yuhana, Y., & Anriani, N. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori APOS Ditinjau Dari Self Confidence Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 66-79.
Setyaningsih, R., & Munawaroh, L. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Berorientasi Pisa Konten Uncertainty And Data. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 1656-1667.
Syawahid, M., & Putrawangsa, S. (2017). Kemampuan literasi matematika siswa SMP ditinjau dari gaya belajar. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 222–240. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i 2.121
Umaroh, U., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam mengerjakan Soal PISA Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 40-53.
Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrument Penelitian Kuantitaif. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17-23.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Arvin Efriani, Dessy Rieta Wachyuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.