Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay-Two Stray Berbantuan Media Mathcircle Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Authors

  • Suci Rahayu Ningsih Universitas Muria Kudus
  • Jayanti Putri Purwaningrum Universitas Muria Kudus
  • Sumaji Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.36709/jpm.v14i2.72

Keywords:

kemampuan komunikasi matematis, model two stay-two stray, quasi experimental

Abstract

Proses pembelajara langsung dengan metode ceramah dapat mengakibatkan rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa. Model pembelajarn Two Stay-Two Stray merupakan model pembelajaran dengan metode 2 bertamu (menjelaskan) dan 2 tinggal (menerima penjelasan). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar melalui model pembelajaran  Two Stay – Two Stray berbantuan media Mathcircle. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental, dengan rancangan penelitian ini menggunakan The Nonequivalent Pretest–Posttest Control Grup Design. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian tes pada siswa. Analisis data awal menggunakan uji normalitas, dan uji homogenitas data. Sedangkan analisis data akhir menggunakan uji independent sample t-test. Dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay-Two Stray berbantuan media Mathcircle ternyata dapat memberikan pengaruh terhadap rata–rata pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa. Apabila dilihat dari hasil menujukkan jika rata rata peroleh dari kelas eksperimen setelah diterapkan model pembelajaran Two Stay-Two Stray lebih besar daripada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung.

References

Alwi, F. H., & Jailani. (2017). Keefektifan Pendekatan Saintifik Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) pada Materi Trigonometri Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematika dan Minat Belajar Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 6(7), 46–57.

Anderha, R. R., & Maskar, S. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Daring Materi Eksponensial. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i2.438

Angela, F., & Roza, Y. (2021). Desain Media Pembelajaran Komik Matematika Berbasis Aplikasi Android pada Materi Persamaan Eksponensial. 05(02), 1449–1461.

Arianti, R., Akib, H., & Saleh, S. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray ( TSTS ) pada Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Pinrang The Use of Cooperative Learning Type Two Stay Two Stray ( TSTS ). Jurnal Office: Administration Program at State Vocational, 3(2), 97-106.

Hasaniah, S., Hayati, L., & Kurniati, N. (2021). Studi Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dan Jigsaw Ditinjau dari Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pijar Mipa, 16(2), 180–185. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.1884

Hodiyanto. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu, 7(1), 9–17. https://doi.org/10.51836/je.v5i1.116

Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21-32.

Kemendikbud. (2014). Workshop : Implementasi Kurikulum 2013. Paparan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Workshop (Pondok Cabe), 14 Januari 2014.

Kurniati, A., Subekti, M. R., & Vera, M. O. (2021). Analisis Peranan Guru Kelas Dalam Mengelola Pembelajaran Melalui Kurikulum 2013 Siswa Kelas V Sdn 17 Mungguk Kecamatan Sekadau Hilir Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 7(1), 13–24. https://doi.org/10.31932/jpdp.v7i1.1088

Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI, 3(2), 312-325.

Mahrudi, S. P., & dan Rahman, A. M. P. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa. AXIOMA Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Jember, 2(1), 1–13.

Nurhusain, M. (2017). Impact Analysis of Cooperative Learning Model Application Type Two Stay Two Stray (Tsts) Toward Learning Outcomes Of Mathematics. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 2(2), 46. https://doi.org/10.26737/jpmi.v2i2.220

Puspitasari, V. D., Purwaningrum, J. P., & Rahayu, R. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Daring Berbantuan Whatsapp Selama Masa Pandemi Covid-19. Koordinat Jurnal MIPA, 2(1), 1–18. http://jurnalkoordinat.org/index.php/koordinat/article/view/19

Ririhati, Ch. S. (2018). Penerapan Metode Two Stay Two Stray Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ips Tema Indahnya Kebersamaan Pada Peserta Didik Kelas IV. Jurnal Sinektik, 1(2), 246. https://doi.org/10.33061/js.v1i2.2807

Sumaji. (2021). The Mathematical Communication Failure of The Students While Solving Problems Reviewed from Their Characteristics. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 7(1), 81–88. http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/download/235/150

Une, D. F., Pomalato, S. W. D., & Machmud, T. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jambura Journal of Mathematics Education, 4(1), 11–23. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v4i1.18206

Wahid, A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 5(2), 1–11.

Wijaya, M. A., & Badri, M. Il. (2021). Media Pembelajaran Digital Sebagai Sarana Belajar Mandiri Di Masa Pandemi Dalam Mata Pelajaran Sejarah. In Jurnal Sandhyakala, 2(2). 1-10.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Ningsih, S. R., Purwaningrum, J. P., & Sumaji. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay-Two Stray Berbantuan Media Mathcircle Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa . Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 178–185. https://doi.org/10.36709/jpm.v14i2.72

Issue

Section

Articles