Pemecahan Masalah Persamaan Linear Ditinjau dari Kemandirian Belajar dengan Model Eliciting Activities (MEAs)

Authors

  • Siti Latifatul Khumairo Universitas Negeri Semarang
  • Masrukan Universitas Negeri Semarang
  • Isnarto Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.36709/jpm.v14i2.62

Keywords:

kemandirian belajar, MEAs , pemecahan masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan Model Eliciting Activities (MEAs) pada materi persamaan linear dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik ditinjau dari kemandirian belajar. Metode yang digunakan adalah metode campuran dengan desain eksplanatori sekuensial. Metode kuantitatif menggunakan desain penelitian Posttest Only Control Group Design, sedangkan kualitatifnya menggunakan analisis deskriptif. Dalam penelitian ini diambil 6 subjek penelitian berdasarkan tingkat kemandirian belajar peserta didik kelas VII D di SMP Negeri 1 Tayu tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data berupa tes, angket, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pembelajaran MEAs pada materi persamaan linear efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik, dan (2) subjek penelitian dengan kategori kemandirian belajar tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah, yaitu membangun pengetahuan baru melalui pemecahan masalah, memecahkan masalah dengan melibatkan matematika dalam konteks lain, menerapkan berbagai strategi yang tepat untuk memecahkan masalah, dan merefleksikan proses pemecahan masalah; subjek penelitian dengan kategori sedang hanya mampu memenuhi dua indikator kemampuan pemecahan masalah yakni membangun pengetahuan baru melalui pemecahan masalah dan merefleksikan proses pemecahan masalah; sedangkan subjek penelitian dengan kategori kemandirian belajar rendah tidak mampu mencapai indikator kemampuan pemecahan masalah dengan baik.

References

Agustina, V., Masrukan, M., & Walid, W. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Self-Regulated Learning pada Model Pembelajaran CPS Berbantuan Soal Open-Ended. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 225–239. https://doi.org/10.32938/jpm.v4i2.3644

Arisinta, R., As’ari, A. R., & Sa’dijah, C. (2019). Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(6), 738. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i6.12493

Brady, C., Eames, C. L., & Lesh, D. (2015). Connecting Real-World and In-School Problem-Solving Experiences Motivation : Mathematical Problem-Solving Outside of School. Quadrante, 24(2), 5–38. https://doi.org/https://doi.org/10.48489/quadrante.22924

Chimmalee, B., & Anupan, A. (2022). Effect of Model-Eliciting Activities using Cloud Technology on the Mathematical Problem-Solving Ability of Undergraduate Students. International Journal of Instruction, 15(2), 981–996. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15254a

Fahmy, A. F. R., Wardono, & Masrukan. (2018). Kemampuan Literasi Matematika dan Kemandirian Belajar Siswa pada Model Pembelajaran RME Berbantuan Geogebra. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(22), 559–567. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20198/9576

Firdaus, F. M., Pratiwi, N. A., Riyani, S., & Utomo, J. (2021). Meningkatkan kemandirian belajar peserta didik sekolah dasar menggunakan Model SOLE saat pandemi Covid-19. Foundasia, 12(1), 1–8.

Handajani, S., Pratiwi, H., & Mardiyana, M. (2018). The 21st century skills with model eliciting activities on linear program. Journal of Physics: Conference Series, 1008(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1008/1/012059

Hassan, F. A. G., & Ibrahim, M. A. (2013). Moringa oleifera: Nature’s most nutritious and multi-purpose tree. International Journal of Scientific and Research Publications, 3(4), 720–723.

Hendriani, B. F., Masrukan, & Junaedi, I. (2017). Problem Solving Ability and Student Independence Viewed from Cognitive Style on 4K Learning Model Info Artikel Abstrak. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(1), 71–79. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/ujme.v6i1.12500

Istiqomah, N. A., & Isnarto, I. (2021). Mathematics Problem-Solving Skill Reviewed from Self-Regulated Learning of the Eleventh Graders. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 10(1), 108–114. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/download/45157/19007

Juniantari, M. (2019). Pengaruh Penerapan Model Eliciting Activities Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Journal of Education Technology, 3(1), 9–14. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17958

Kurniasih, N., & Muchlis, A. (2021). Analisis Kemandirian Belajar Matematika Siswa SMA Kelas XI Selama Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal of Progressive Mathematics Education, 8435.

Meisya, S., & Arnawa, M. . (2021). The development of mathematical learning devices based on model-eliciting activities and geogebra. Journal of Physics: Conference Series, 1742, 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1742/1/012034

Munawarah, N., Saragih, S., & Napitupulu, E. E. (2020). Development of Learning Tools through the Wankat-Oreovocz Strategy to Improve Mathematical Problem Solving Ability of Junior High School Students. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(2016), 336–343.

Manah, N. K. & Isnarto, K. W. (2017). Analysis of Mathematical Problem Solving Ability Based on Student Learning Stages Polya on Selective Problem Solving Model. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(1), 19–26. https://doi.org/10.15294/ujme.v6i1.10855

Qurohman, M. T., Nugraha, P. P., Romadhon, S. A., & Fathurrohman, A. S. (2022). The influence of model of eliciting activities on improving mathematical problem-solving ability. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 5(2), 141–146. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v5i2.125

Rahman, A., & Ahmar, S. A. (2016). CORRESPONDENCE Ansari Saleh Ahmar Exploration of Mathematics Problem Solving Process Based on The Thinking Level of Students in Junior High School OPEN ACCESS. International Journal of Environmental & Science Education, 11(14), 7278–7285.

Riyanti, Y. W. S. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1309–1317.

Rustam E, S., Sidabutar, D. R., & Edy, S. (2017). Improving Learning Activity and Students ’ Problem Solving Skill through Problem Based Learning (PBL) in Junior High School. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 33(2), 321–331.

Sulistyani, D., Roza, Y., & M. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 67–76.

Sundayana, R. (2018). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75–84. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.262

Susanti, E., & Waluya, S. B. (2020). Analysis of Creative Thinking Ability Based on Self-Regulation in Model Eliciting Activity Learning with Performance Assessment. UJMER, Unnes Journal of Mathematics Education Research, 9(2), 208–215.

Tambunan, H. (2019). The Effectiveness of the Problem Solving Strategy and the Scientific Approach to Students’ Mathematical Capabilities in High Order Thinking Skills. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2), 293–302. https://doi.org/10.29333/iejme/5715

Tekin Dede, A., Hidiroğlu, Ç. N., & Bukova Guzel, E. (2017). Examining of Model Eliciting Activities Developed By Mathematics Student Teachers. Journal on Mathematics Education, 8(2), 223–242. https://doi.org/10.22342/jme.8.2.3997.xx-xx

Wahyuni, S., Dahlan, J. A., & Juandi, D. (2021). Students’ mathematics problem solving ability through Model Eliciting Activities (MEAs). Journal of Physics: Conference Series, 1882(1), 1–9. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1882/1/012079

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Khumairo, S. L. ., Masrukan, & Isnarto. (2023). Pemecahan Masalah Persamaan Linear Ditinjau dari Kemandirian Belajar dengan Model Eliciting Activities (MEAs) . Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 186–198. https://doi.org/10.36709/jpm.v14i2.62

Issue

Section

Articles