Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take And Give

Authors

  • Cialing Langago Universitas Negeri Gorontalo
  • Abdul Wahab Abdullah Universitas Negeri Gorontalo
  • Khardiyawan A.Y Pauweni Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jpm.v14i1.51

Keywords:

bentuk aljabar, hasil belajar, take and give

Abstract

Tujuan dari penetian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran dalam upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa siswa kelas VII-A khususnya pada materi Bentuk Aljabar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Take and Give. Hal ini sebabkan karena hasil belajar  siswa yang rendah ditentukan oleh pelaksanaan proses memahami penyajian materi oleh guru. Model pembelajaran Kooperatif tipe Take and Give yang ditujukan guna meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Bentuk Aljabar. Penelitian ini berjenis tindakan kelas yang diselenggarakan di SMP Negeri 3 Bone semester ganjil.Sebanyak 32 siswa dan 1 guru sebagai subjek terlibat dalam pelaksanaan penelitian ini.Penggunaan instrumen meliputi lembar observasi guru, pengamatan siswa dan tes hasil belajar yang terlaksana dalam 2 siklus. Diperoleh hasil observasi kegiatan guru meningkat dari 63,89% menjadi 88,89%. Begitu pula dengan pengamatan siswa, awal beroleh 58,83% naik ke 82,34%. Keduanya mencapai kategori baik dan sangat baik. Demikian juga dengan hasil belajar mulanya 68,75% meningkat menjadi 84,37% .Sehinggah diperoleh bahwa seluruh aspek penilaian sudah menjangkau indikator keberhasilan belajar di siklus II. Maka dengan ini melalui penerapan model Kooperatif tipe Take and Give dipercaya bisa meningkatkan hasil belajar Matematika siswa dan daya tangkap siswa untuk mempelajari Matematika..

References

Abdullah, A.W., Achmad, N., Fahrudin, N. C. (2020). Deskripsi Hasil Belajar Matemaatika Siswa Melalui Pembelajaran Daring pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi, 8(2), 34-41.

Anitra, R. (2021). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(1), 8.

Anggraini, T. P., Abbas, N., Oroh, F. A., Pauweni, K. A. Y. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jambura. J. Math. Educ, 3(1), 2.

Az-zahra, R. A., Murtafiah, W., Sanusi. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif tipe Take and Give dengan Media Kartu terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI di SMK PGRI Wonosari ditinjau dari Motivasi Belajar. SENASSDRA, 1, 238-245.

Harwadi, D. (2021). Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Menentukan Nilai Limit Fungsi pada Peserta Didik Kelas XII tata Boga 4 SMK Negeri 2 Godean. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(2), 229-244.

Depiknas. (2006). Bunga Rampai kebersihan Guru dalam Pembelajaran (SMA, SMK, dan SLB). Jakarta: Depdiknas.

Kue, H. A., Badu, S. Q., Resmawan., & Zakiyah, S. (2022). Deskripsi Hasil Belajar Matematika Siswa di SMP Muhammadiyah Tolangohula. Researh in the Mathematical and Natural Sciences, 1(1), 39-46

Luritawaty, P. I. (2019). Pengembangan Keterampilan Komunikasi Matematik Melalui Pembelajarn Take and Give. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 239-248.

Masiah, H. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Take and Give pada Relasi dan Fungsi SMAN 1 Blangkejeren. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(1), 44-49. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i1.1773

Muktar, M., Rosyidah, U., Setyawati, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Probing Promting dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Mathema Journal, 4(1), 50-57.

Murnawan, I. K. (2021). Peneapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal Of Educ Action Research, 5(2), 254-256

Nirmayanti, & Desyandri. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Siswa Menggunakan Model Take and Give dikelas IV SDN 15 Ulugadut Kota Padang. Jurnal Motivasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 44-57.

Paradita, L., Vahlia, I., Es, R.Y. (2019). Peningkatan Kecerdasan Intrapersonal dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Take and Give Berbasis Matematika Realistik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 446.

Pauweni, K. A. Y., & Iskandar, M. E. B. (2021). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem-Based learning pada Materi Bilangan Pecahan. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi, 8(1), 23-28

Sapiah, (2021). Pengaruh Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Learning Cycle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Barisan dan Deret Kelas XI IPA SMAN 1 Kerinci. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(3), 1414-1422.

Surya, F. Y. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Baded Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 45

Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta. Deepublish.

Zinal, Z., Mukhlisa., Azizah, N. (2022). Penerapan model Kooperatif Tipe Tak and Give Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Volume Bangun Ruang Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 77 Parepare. Jurnal Of Health, Education, Economics, Science, Dan Technology, 4(2), 99-103.

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Langago, C., Abdullah , A. W. ., & Pauweni , K. A. . (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take And Give . Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 80–87. https://doi.org/10.36709/jpm.v14i1.51