Pemecahan Masalah Menurut Teori Polya, Dewey, Krulick, Dan Rudnick Berdasarkan Kecerdasan Logis Matematis
DOI:
https://doi.org/10.36709/jpm.v15i2.189Keywords:
kecerdasan logis matematis, kemampuan pemecahan masalah, matematika diskritAbstract
Kemampuan pemecahan masalah sebagai hal terpenting pada matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah mahasiswa Pendidikan Matematika pada mata kuliah Matematika Diskrit. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif yang diadakan di Universitas Veteran Bangun Nusantara. Subjek dalam penelitian adalah lima mahasiswa terdiri dari mahasiswa tingkat kecerdasan logis matematis sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah dan sangat rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket, tes, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah merangkum data, menyajikan data, dan pembuatan kesimpulan. Hasil analisis data diperoleh bahwa (1) Mahasiswa dengan kecerdasan logis matematis sangat tinggi mampu melalui semua tahapan pemecahan masalah, (2) Mahasiswa dengan kecerdasan logis matematis tinggi dan sangat rendah mampu melalui semua tahapan pemecahan masalah pada soal nomor 2, akan tetapi hanya mampu sampai pada tahap memilih strategi pada soal nomor 1 dan 3, (3) Mahasiswa dengan kecerdasan logis matematis sedang hanya mampu menyelesaikan pemecahan masalah sampai pada tahap ke tiga saja yaitu tahap memilih strategi pada soal nomor 1, 2, dan 3, (4) Mahasiswa dengan kecerdasan logis matematis rendah mampu melalui semua tahapan pemecahan masalah pada soal nomor 1, akan tetapi hanya mampu sampai pada tahap memilih strategi pada soal nomor 2 dan 3.
References
Agustino, V. D., Susanto, H. A., & Wulandari, A. A. (2024). Snakes Ladders Game as an Effort to Improve Mixed Counting Operation Skills of Langenharjo 02 State Elementary School Students. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 14(01), 72–83. https://doi.org/10.22437/edumatica.v14i01.31568
Alimuddin, M. A. N. A. (2015). Profil Kemampuan Spasial Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Siswa Yang Memiliki Kecerdasan Logis Matematis Tinggi Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 78. https://doi.org/10.26858/jds.v3i1.1320
Asmal, M. (2020). Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMPN 30 Makassar. ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 30–36. https://doi.org/10.47650/elips.v1i1.122
Ayu, G., & Sugiharni, D. (2018). Pengembangan Modul Matematika Diskrit Berbentuk Digital Dengan Pola Pendistribusian Asynchronus Menggunakan Teknologi Open Source (Vol. 7, Issue 1).
Cahyani, L. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Diskrit Pada Mahasiwa Manajemen Informatika AMIK Bina Sriwijaya Palembang. http://file.upi.edu/
Cahyono, B., & Adilah, N. (2016). Analisis Soal dalam Buku Siswa Matematika Kurikulum 2013 Kelas VIII Semester I Berdasarkan Dimensi Kognitif dari TIMSS. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(1), 86–98. https://doi.org/10.15642/jrpm.2016.1.1.86-98
Desmawan, D., Cahyaningdyah, F. A., Darwin, R., Putri, S. S., & Rizqina, A. (2023). Analisis Peran Pendidikan Terhadap Kualitas Sumber Daya Manusia Guna Meningkatkan Produktivitas Masyarakat Di DKI Jakarta. Jurnal Manajemen dan Ekonomi Kreatif, 1(2), 72-82. https://doi.org/10.59024/jumek.v1i2.75
Gunawan, G. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Team Games Tournament SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1). https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1731
Haryono, E. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. E-Journal an-Nuur: The Journal of Islamic Studies, 13(2), 1–13.
Hayu, E., Linna, R., Maimunah, M., & Roza, Y. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Materi Perbandingan. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 9(1), 11. https://doi.org/10.12928/admathedu.v9i1.13955
Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.1027
Lestanti, M. M. (2015). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Karakteristik Cara Berpikir Siswa Dalam Model Problem Based Learning. UJME, 4(3). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme
Mariam, S., Nurmala, N., Nurdianti, D., Rustyani, N., Desi, A., & Hidayat, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTsN Dengan Menggunakan Metode Open Ended Di Bandung Barat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 178–186. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.94
Meiatun, D., Hidajat, D., & Hadipraseyo, K. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas X MA Al-Muayyad SurakartaTahun Ajaran 2021/2022. Numeracy, 9(2), 93–108. https://doi.org/10.46244/numeracy.v9i2.1819
Nur Aini, I., Ermawati, D., & Hilyana, F. S. (2024). Keefektifan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas V melalui Aplikasi V-BAR Berbasis Android. Absis: Mathematics Education Journal, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.32585/absis.v6i1.4980
Nurhuda, H. (2022). Masalah-masalah Pendidikan Nasional; Faktor-faktor dan Solusi Yang Ditawarkan. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 127–137. https://doi.org/10.51476/dirasah.v5i2.406
Pardimin, P., Widodo, S. A., & Purwaningsih, I. E. (2017). Analisis Butir Soal Tes Pemecahan Masalah Matematika. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(1). https://doi.org/10.30738/wa.v1i1.1084
Rinawati, R., & Ratu, N. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1223–1237. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.607
Dhanesti, S., Wulandari, A. A., & Pardiastuti, Y. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Trigonometri. Absis: Mathematics Education Journal, 6(1), 33-42. https://doi.org/10.32585/absis.v6i1.5199
Saputra, G. Y., & Aguss, R. M. (2021). Minat Siswa Kelas VII Dan VIII Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan SMP Negeri 15 Mesuji. Journal Of Physical Education, 2(1), 17–25. https://doi.org/10.33365/joupe.v2i1.797
Septian, A. (2017). Penerapan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemmapuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Suryakancana. PRISMA, 6(2). https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.212
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.391
Susanti, V. D. (2018). Analisis Kemampuan Kognitif dalam Pemecahan Masalah Berdasarkan Kecerdasan Logis-Matematis. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 71–83. https://doi.org/10.26594/jmpm.v3i1.998
Susanto, H. A. (2015). Pemahaman Pemecahan Masalah Berdasar Gaya Kognitif. Deepublish.
Toyib, M., Rohman, N., & Sutarni, S. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Model TIMSS Konten Bilangan Pada Siswa dengan Kecerdasan Logis-Matematis Tinggi. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 3(2), 63. https://doi.org/10.30659/kontinu.3.2.63-80
Ulfa Chasania, L., & Kharisudina, I. (2020). Pengaruh Oral Feedback pada Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. 02.01(2019), 1009–1012.
Zulkarnain, I., & Nurbiati, I. (2017). Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mathematical Logical Intelligence, Problem Solving Ability. Prosiding DPNPM Unindra, 565-571.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Iftitah Juliarti, Herry Agus Susanto, Erika Laras Astutiningtyas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.