Pengembangan E-modul Berbasis Android Menggunakan Kodular untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.36709/jpm.v15i1.146Keywords:
android, e-modul, kemampuan pemecahan masalah, kodularAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa e-modul berbasis android menggunakan kodular dan mengetahui kelayakan media pembelajaran e-modul berbasis android berbantu kodular untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model penelitian ADDIE yang terdari dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 15 Kota Serang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument angket, wawancara, dan tes. Angket digunakan untuk mengetahui kevalidan dan kepratisan produk, wawancara digunakan untuk mengetahui kebutuhan dilapangan, dan tes digunakan untuk mengetahui keefektifan produk. Berdasarkan penelitian didapatkan hasil dari uji validasi oleh ahli media mendapatkan persentase sebesar 73,3%, yang termasuk dalam kategori valid dan hasil dari uji validasi oleh ahli materi mendapatkan persentase sebesar 68%, yang termasuk dalam kategori valid. hasil uji kepraktisan respon siswa diperoleh rata-rata persentase nilainya 77,3%, yang termasuk dalam kategori baik. Hasil uji kepraktisan guru secara keseluruhan rata-rata persentase nilainya 83,3%, yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebesar 0,3 yang termasuk dlam kategori sedang, hal ini menunjukkan bahwa produk dinilai efektif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan.
References
Hertiavi, M. A., Langlang, H., & Khanafiyah, S. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Fisika, 53–57. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i2.467
Hobri. (2009). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jember: Center for Society Studies (CSS)
Khurniawan, A. W., & Erda, G. (2019). White Paper Evaluasi Pisa 2018. Jakarta: Kemdikbud.
Maulyda, M. A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM (Issue January). Malang: IRDH
Muyasir. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Kodular Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Di Smk Negeri 1 Mesjid Raya Aceh Besar. (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam)
NCTM. (2000). Principles, Standards, and Expectations. https://www.nctm.org/Standards-and-Positions/Principles-and-Standards/Principles,-Standards,-and-Expectations/
Nurjayanti, A. I (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis Android Untuk Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. (Universitas Negeri Yogyakarta).
Pamungkas, I. T. (2020). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Construct 2 Untuk Logika Matematika Di Tk Pertiwi 02 Ngringo. (Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Rukiyati. (2000). Peranan Pendidikan Bagi Pengembangan Peradaban Dalam Pandangan Fukuzawa Yukichi. Jurnal Kependidikan, 30(1), 121-132.
Sahri, I. (2023). Mendidik Masa Depan. Detikedu. https://www.detik.com/edu/edutainment/d-6817383/mendidik-masa-depan
Seidouvy, A., & Schindler, M. (2020). An inferentialist account of students’ collaboration in mathematics education. Mathematics Education Research Journal, 32(3), 411–431. https://doi.org/10.1007/s13394-019-00267-0
Setiawan, R. (2020). Rancang Bangun Media Pembelajaran Berbasis Android Tanpa Coding Semudah Menyusun Puzzle. Jurnal Sistem Informasi Dan Sains Teknologi, 2(2), 1–7.
Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. . (2013). Problem Solving Oriented E-Module Development to Improve Students’ Critical Thinking Skills. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(2), 193–200.
Sukardi, N. N. S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Elektronik Berbasis Internet Dan Situs Web Menggunakan Aplikasi Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment (Moodle) Pada Pembelajaran Administrasi Pajak Untuk Kelas Xi Akuntansi 3 Smkn 2 Purworejo. (Universitas Negeri Yogyakarta).
Susanto, F., & Ayuni, I. R. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Nht Dengan Strategi Pemecahan Masalah (Problem Solving) Sistematis Bagi Peserta Didik Smp Di Kabupaten Pringsewu. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(3), 301. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i3.1054
Syara, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Learning Management System (Lms) Dengan Moodle Pada Materi Evolusi Di Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung 2018/2019. (UIN Raden Intan Lampung)
Tinambunan, D. D., Fathurrohman, M., & Khaerunnisa, E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 2(1), 30. https://doi.org/10.48181/tirtamath.v2i1.8322
Wahyudi, & Anugraheni, I. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika. Satya Wacana University Press
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Puspita Dwi Anggraeni Putri, Nurul Anriani, Ihsanudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.