Konsistensi Internal Instrumen Tes: Perbandingan Beberapa Metode Estimasi Berdasarkan Variasi Ukuran Sampel
DOI:
https://doi.org/10.36709/jpm.v14i2.100Keywords:
konsistensi internal, metode estimasi, ukuran sampelAbstract
Salah satu ukuran reliabilitas instrumen adalah konsistensi internal butir yang menyusunnya. Beberapa metode estimasi sering digunakan tetapi kadang memberikan koefisien reliabilitas yang berbeda sehingga menjadi masalah dalam memberikan kesimpulan. Tujuan penelitian ini untuk menemukan karakteristik metode estimasi konsistensi internal yang paling efektif ditinjau dari ukuran sampel dan model sampling yang berbeda. Metode yang digunakan adalah eksperimen dalam bentuk simulasi. Data primer penelitian merupakan skor hasil tes ujian tengah semester siswa kelas VIII SMPN 9 Kendari, yang merupakan jawaban dari 400 siswa terhadap instrumen tes matematika yang berjumlah 12 item pilihan ganda. Simulasi dilakukan dengan menarik secara acak sampel berukuran 31, 62, 93, 124, dan 155, dengan cara pengembalian dan tanpa pengembalian. Koefisien konsisten internal dihitung menggunakan tiga metode estimasi yang berbeda yaitu metode Sperman-Brown, KR-20, dan KR-21. Hasil penelitian menunjukkan metode Spearman-Brown memberikan koefisien konsistensi internal lebih tinggi dibandingkan metode KR-20 dan KR-21 pada semua ukuran sampel baik menggunakan sampling dengan pengembalian maupun sampling tanpa pengembalian. Kesimpulannya adalah metode Spearman-Brown paling efektif dalam menentukan koefisien konsistensi internal butir instrumen tes dibandingkan metode KR-20 dan KR-21, baik menggunakan sampel dengan pengembalian maupun tanpa pengembalian.
References
Alwi, I. (2015). Kriteria Empirik dalam Menentukan Ukuran Sampel Pada Pengujian Hipotesis Statistika dan Analisis Butir. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 140–148. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.95
Amalia, R. N., Dianingati, R. S., & Annisaa’, E. (2022). Pengaruh Jumlah Responden terhadap Hasil Uji Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Pengetahuan dan Perilaku Swamedikasi. Generics: Journal of Research in Pharmacy, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.14710/genres.v2i1.12271
Arifin, Z. (2017). Kriteria Instrumen Dalam Suatu Penelitian. Jurnal Theorems (the Original Research of Mathematics), 2(1), 28–36.
Busnawir. (2018). Pengaruh Model Penskoran Terhadap Kestabilan Reliabilitas Skala Sikap Dengan Mempertimbangkan Variasi Usia Responden. Jurnal Pembelajaran Matematika, 2(1), 1–10.
Button, K. S., Ioannidis, J. P. A., Mokrysz, C., Nosek, B. A., Flint, J., Robinson, E. S. J., & Munafò, M. R. (2013). Power failure: Why small sample size undermines the reliability of neuroscience. Nature Reviews Neuroscience, 14(5), 365–376. https://doi.org/10.1038/nrn3475
Ekolu, S. O., & Quainoo, H. (2019). Reliability of assessments in engineering education using Cronbach’s alpha, KR and split-half methods. Global Journal of Engineering Education, 21(1), 24–29.
Gambrari, I. A., Yusuf, M. O., & Thomas, D. A. (2015). Effects of Computer-Assisted STAD, LTM and ICI Cooperative Learning Strategies on Nigerian Secondary School Students’ Achievement, Gender and Motivation in Physics. Journal of Education and Practice, 6(19), 16–28. www.iiste.org
Geldhof, G. J., Preacher, K. J., & Zyphur, M. J. (2014). Reliability estimation in a multilevel confirmatory factor analysis framework. Psychological Methods, 19(1), 72–91. https://doi.org/10.1037/a0032138
Gunartha, I. W. (2022). Estimasi Kesalahan Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan Berdasarkan Teori Tes Klasik. Jurnal Widyadari, 23(1), 34–47. https://doi.org/10.5281/zenodo.6390889
Imania, K. A., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik, 5(1), 31–47. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.445
Khaerudin. (2015). Kualitas instrumen hasil belajar. Jurnal Madaniyah, 2, 212–235.
Listiyandini, R. A., Nathania, A., Syahniar, D., Sonia, L., & Nadya, R. (2020). Mengukur rasa syukur: Pengembangan model awal Skala Bersyukur versi Indonesia. Jurnal Psikologi Ulayat, 2(2), 473–496. https://doi.org/10.24854/jpu39
Magdalena, I., Fauziah, S. N., Faziah, S. N., & Nupus, F. S. (2021). Analisis Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan Dan Daya Beda Butir Soal Ujian Akhir Semester Tema 7 Kelas Iii Sdn Karet 1 Sepatan. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(2), 198–214. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Mustafa, P. S., & Masgumelar, N. K. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan dalam Pendidikan Jasmani. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 31–49. https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1093
Nani Hanifah. (2014). Perbandingan Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda Butir Soal Dan Reliabilitas Tes Bentuk Pilihan Ganda Biasa Dan Pilihan Ganda Asosiasi Mata Pelajaran Ekonomi. SOSIO E-KONS, 6(1), 46.
Ndiung, S., & Jediut, M. (2020). Pengembangan instrumen tes hasil belajar matematika peserta didik sekolah dasar berorientasi pada berpikir tingkat tinggi. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 94. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.6274
Nuswowati, M., Binadja, A., Efti, K., & Ifada, N. (2011). Pengaruh validitas dan reliabilitas butir soal ulangan akhir semester bidang studi Kimia terhadap pencapaian kompetensi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1), 566–573.
Pramuaji, K., & Loekmono, A. (2018). Uji Validitas Dan Reliabilitas Alat Ukur Penelitian : Questionnaire Empathy. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 9(2), 74–78. https://doi.org/10.23887/jibk.v9i2.18009
Pujiastuti, E., Zahra, A. N., & Utami, N. (2023). Analisis Kualitas Aplikasi Olstorage Menggunakan Metode WebQual 4.0 pada Divisi PPL PT. MNC Play. Jurnal Ilmiah ILKOMINFO - Ilmu Komputer & Informatika, 6(1), 33–44. https://doi.org/10.47324/ilkominfo.v6i1.157
Putri, D., & Nahadi. (2019). Perbandingan Reliabilitas Tes Hasil Belajar Matematika Sma Berdasarkan Teknik Penskoran Dan Ukuran Sampel. Journal Education and Chemistry (JEDCHEM), 1(1), 10–24.
Rapono, M., Safrial, S., & Wijaya, C. (2019). Urgensi Penyusunan Tes Hasil Belajar: Upaya Menemukan Formulasi Tes Yang Baik dan Benar. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 11(1), 95. https://doi.org/10.24114/jupiis.v11i1.12227
Retnawati, H. (2016). Heri Retnawati 9 786021 547984.
Rosita, E., Hidayat, W., & Yuliani, W. (2021). Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Perilaku Prososial. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 279. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7413
Sari, A. Q., Sukestiyarno, Y., & Agoestanto, A. (2017). Batasan Prasyarat Uji Normalitas dan Uji Homogenitas pada Model Regresi Linear. Unnes Journal of Mathematics, 6(2), 168–177. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujm
Sari, I. K., Fajri, N., & Mulyani, S. (2019). Profil Validitas Dan Reliabilitas Butir Soal Matematika Ujian Akhir Semester Kelas VIII SMP di Banda Aceh. Jurnal Numeracy, 6(1), 132–142.
Sartika, E. (2018). Analisis Metode K Nearest Neighbor Imputation (KNNI) untuk Mengatasi Data Hilang Pada Estimasi Data Survey. Jurnal TEDC, 12(3), 219–227.
Sarwiningsih, R. (2017). The Comparison Accuracy Estimation of Test Reliability Coefficients for National Chemistry Examination in Jambi Province on Academic Year 2014/2015. JKPK (Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia), 2(1), 34. https://doi.org/10.20961/jkpk.v2i1.8740
Setiawati, F. A., Mardapi, D., & Azwar, S. (2013). Penskalaan Teori Klasik Instrumen Multiple Intelligences Tipe Thurstone Dan Likert. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 17(2), 259–274. https://doi.org/10.21831/pep.v17i2.1699
Setiyawan, A. (2014). Reliabilitas Tes. Jurnal An Nûr, VI(2), 341–354.
Solichin, M. (2017). Analisis Daya Beda Soal, Taraf Kesukaran, Validitas Butir Tes, Interpretasi Hasil Tes dan Validitas Ramalan dalam Evaluasi Pendidikan. Dirasat: Jurnal Manajemen & Pendidikan Islam, 2(2), 192–213. www.depdiknas.go.id/evaluasi-proses-
Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Penilaian Pendidikan dan Ujian. AplikAsi RascH PemodelAn Pada Assessment Pendidikan, 1–4.
Sutriani, S., Sukmawati, S., & Rukli, R. (2021). Pengembangan instrumen tes hasil belajar matematika berbasis pendekatan kontekstual siswa kelas IV sekolah dasar wilayah II marioriwawo kabupaten soppeng. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 1–20. https://doi.org/10.33387/dpi.v10i1.2559
Syamsuryadin, S., & Wahyuniati, C. F. S. (2017). Tingkat Pengetahuan Pelatih Bola Voli Tentang Program Latihan Mental Di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 13(1), 53–59. https://doi.org/10.21831/jorpres.v13i1.12884
Taber, K. S. (2018). The Use of Cronbach’s Alpha When Developing and Reporting Research Instruments in Science Education. Research in Science Education, 48(6), 1273–1296. https://doi.org/10.1007/s11165-016-9602-2
Wahyu Widayati, C. S. (2013). Komparasi Beberapa Metode Estimasi Kesalahan Pengukuran. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 13(2), 182–197. https://doi.org/10.21831/pep.v13i2.1409
Widodo, P. B. (2006). Reliabilitas Dan Validitas KonstrukSkala Konsep Diri Untuk Mahasiswa Indonesia. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, 3(1), 1–9.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Busnawir Busnawir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.