Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Materi Aritmatika Sosial Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
DOI:
https://doi.org/10.36709/jpm.v13i2.5Kata Kunci:
aritmatika sosial, kewirausahaan, proyek penguatan profil pelajar pancasilaAbstrak
Kompetensi dan karakter yang dijabarkan dalam profil pelajar Pancasila dibentuk dalam kehidupan sehari-hari dan dihidupkan dalam diri setiap individu siswa melalui budaya sekolah, pembelajaran intrakurikuler, proyek penguatan profil pelajar Pancasila, dan kegiatan ekstrakurikuler. Proyek penguatan profil pelajar Pancasila bertujuan untuk membentuk 6 dimensi profil pelajar Pancasila, yaitu: (1) beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, (2) berkebhinekaan global, (3) bergotong royong, (4) mandiri, (5) bernalar kritis, dan (6) kreatif. Selain itu, melalui proyek ini dapat pula menguatkan pemahaman peserta didik dalam memahami materi pelajaran menyesuaikan pada tema dan aktivitas yang dipilih oleh satuan pendidikan dalam kegiatan proyek penguatan profil pelajar Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguatan pemahaman siswa dalam materi aritmatika sosial melalui proyek penguatan profil pelajar Pancasila dengan tema kewirausahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan subyek penelitiannya adalah siswa kelas VII C SMP Islam Terpadu Al Fityan Kubu Raya. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan proyek yang bertemakan kewirausahaan dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam materi aritmatika sosial. Selain itu, melalui kegiatan proyek ini juga dapat mengasah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, yang ditunjukkan dalam penyelesaian soal-soal open ended yang diberikan pada soal test akhir.
Referensi
Abidin, Z. (20201). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Berbasis Proyek Literasi, dan Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 37–51.
Alifah, F. & Sutirna. (2019). Pembelajaran Matematika Berbasis Wirausaha. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 1(1), 892–898.
Anggraena, Y., Felicia, N., & Dion, E. (2021). Kajian Akademik Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran (1st ed.). Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Buyung. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Melalui Soal Open Ended. Media Pendidikan Matematika, 9(2), 126–132. https://doi.org/10.33394/mpm.v9i2.4239
Fitriani, A. (2018). Analisis Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 138–147.
Hidayah, N., & Sulistyaningrum, H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Media Kartu Matematika untuk Meningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Silogisme : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 3(2), 71-77. https://doi.org/10.24269/silogisme.v3i2.1279
Kemendikbud RI. (2022). Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Retrieved from http://repositori.kemdikbud.go.id/24917/
Machfud, H. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Penerapan Model Missouri Mathematics Project (MMP) pada Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri Matakali. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 2(1), 33-39. https://doi.org/10.14421/jppm.2020.21.33-39
Marchelin, L. E., Hamidah, D., & Resti, N. C. (2022). Efektivitas Metode Scaffolding dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa SMP pada Materi Perbandingan. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 4(1), 16-29. https://doi.org/10.14421/jppm.2022.41.16-29
Nurajijah, S., & Fitriani, N. (2020). Analisis Kesulitan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Pembelajaran Matematika Kelas VII. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 76–82.
Pitriana, Y., & N Oktaviani, N. (2020). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Aritmatika Sosial Menurut Polya. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 287–298.
Royanti, & Lies. (2018). Analisis Keuntungan Dan Nilai Tambah Agrondustri Puree Mangga Di Cv Promindo Utama Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 4(3), 811–818.
Rusnaini, Raharjo, & Suryaningsih, A. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230–249. https://doi.org/ttp://dx.doi.org/ 10.22146/jkn.67613
Sari, I. P., & Yunarti, T. (2015). Open-ended Problems untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Yogyakarta.
Sari, L. I., Satrijono, H., & Sihono, S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VA SDN Ajung 03. Jukasi, 2(1), 11–14. https://doi.org/10.19184/jukasi.v2i1.3404
Setyowati, N. & Mawardi. (2018). Sinergi Project Based Learning dan Pembelajaran Bermakna untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 253–263. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p253-263
Sufyadi, S., Harjatanaya, T. Y., Adiprima, P., Satria, M. R., & Andiarti, A. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA). Jakarta: Pusat Asesmen Pembelajaran, BPPP, Kemendikbudristek.
Umi, U. (2015). Penerapan Pendekatan Saintifik melalui Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Seworan, Wonosegoro. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 24–38. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i1.p24-38
Utari, D. R., Wardana, M. Y., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534–540.
Wahyuni, R., & Efuansyah, E. (2018). Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Menggunakan Strategi Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 24. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.778
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Syarifah Fadillah Al Hadad, Wiwit, Aisyah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.