Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori APOS Ditinjau Dari Self Confidence Siswa

Authors

  • Annisa Restianingsih Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Yuyu Yuhana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Nurul Anriani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.36709/jpm.v14i1.43

Keywords:

pemecahan masalah, teori apos, self confidence

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan komponen penting dari kurikulum matematika dan juga dikenal sebagai “jantung matematika”, yang merupakan keterampilan mendasar untuk belajar matematika.  Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari self confidence siswa SMP dengan menggunakan materi SPLDV. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Serang yang dipilih sebanyak 3 orang siswa untuk mewakili setiap kategori tingkat self confidence siswa. Instrumen yang digunakan ialah angket self confidence, tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 20% subjek yang memiliki self confidence tinggi mampu memenuhi semua tahapan dari teori APOS, 50% subjek yang memiliki self confidence sedang hanya memenuhi tahapan aksi dan proses, 30% subjek yang memiliki self confidence rendah hanya memenuhi tahapan aksi dan sering melakukan kekeliruan dalam menjawab soal. 

References

Anam, M. K., Suharto, Murtikusuma, R. P., Hobri, & Oktavianingtyas, E. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berdasarkan Teori APOS (Action, Process, Object, Schema) Ditinjau dari Tipe Kepribadian Florence Littauer. Kadikma, 9(2), 49–58.

Arifin, Z., Trapsilasiwi, D., & Fatahillah, A. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Siswa Kelas VIII-C SMP Nuris Jember. Jurnal Edukasi, 3(2), 9–12. https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i2.3522

Avvisati, F., Echazarra, A., Giovord, P., & Schwabe, M. (2019). Programme for international student assessment (PISA) results from PISA 2018. OCED, I–III, 1–10. Retrieved from https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf

Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23601

Fadilah, A. N., & Haerudin, H. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IX Pada Materi SPLDV Berdasarkan Tahapan Polya. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(4), 1049–1060. https://doi.org/DOI 10.22460/jpmi.v5i4.1049-1060

Febriana, C., & Budiarto, M. T. (2012). Profil Kemampuan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Fungsi Kuadrat berdasarkan Teori APOS Ditinjau dari Perbedaan Kemampuan Matematika. MATHEdunesa, 2(3), 1–7.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Hermaini, J., & Nurdin, E. (2020). Bagaimana Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dari Perspektif Minat Belajar? Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(2), 141–148.

Irawan, I. P. E., Suharta, I. G. P., & Suparta, I. N. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika: Pengetahuan Awal, Apresiasi Matematika, Dan Kecerdasan Logis Matematis. Prosiding Seminar Nasional MIPA 2016, 69–73.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Mariam, S., Nurmala, N., Nurdianti, D., Rustyani, N., Desi, A., & Hidayat, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTsN Dengan Menggunakan Metode Open Ended Di Bandung Barat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 178–186. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.94

Muhamad, N. (2015). Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 09(01), 75–90.

Muttaqin, M. N., Wulandari, S., Hendrawati, N. E., Susanti, E., & Turmudi. (2019). Profil Kemampuan Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Garis Lurus Berdasarkan Teori APOS. Prosiding Sendika, 5(1), 206–213.

NCTM. (2000). Principles and Standards For School Mathematics. Reston: VA: NCTM.

Nurafni, A., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis ditinjau dari Self Confidence Siswa : Studi Kasus Di SMKN 4 Pandeglang. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 27–33. https://doi.org/10.24176/anargya.v2i1.3013

Putri, M. P., & Rachmawati, T. K. (2022). Manfaat Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Benefits of Self Confidence to Ability Student Mathematical Problem Solving. Gunung Djati Conference S Eries, 12, 45–49.

Rahmmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Resiliensi Matematis Siswa SMP. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 187–202. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3619

Ramdani, R. R., Sridana, N., Baidowi, B., & Hayati, L. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Tingkat Self-Confidance Peserta Didik Kelas VIII. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(2), 212–223. https://doi.org/10.29303/griya.v1i2.33

Riba’ah, R. Z., & Kholil, M. (2020). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Berdasarkan Teori APOS ditinjau dari tipe kepribadian David Keirsey. ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 97–105.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods) (Ke-10; Sutopo, ed.). Bandung: Alfabeta.

Wulandari, P., Mujib, M., & Putra, F. G. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok berbantuan Perangkat Lunak Maple terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 101–106. Retrieved from http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/134/124

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Restianingsih, A. ., Yuhana, Y., & Anriani, N. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori APOS Ditinjau Dari Self Confidence Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 66–79. https://doi.org/10.36709/jpm.v14i1.43