Kemampuan Metakognisi Berdasarkan Self-Confidence Pada Pemahaman Konsep Matematika
DOI:
https://doi.org/10.36709/jpm.v14i1.35Keywords:
metakognisi, pemahaman konsep, self-confidenceAbstract
Pada saat sekarang ini metakognisi siswa masih dikatakan rendah. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metakognisi siswa berdasarkan self-confidence siswa yang dilihat dari pemahaman konsep matematika. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Batukliang. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan kuesioner. Teknik Analisis data dilakukan dengan tiga tahapan menurut Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data, dinyatakan bahwa semakin baik metakognisi siswa dan self-confidence siswa maka semakain baik pemahaman konsep siswayang artinya siswa yang pemahaman konsepnya tinggi siswa tersebut memiliki metakognisi yang tinggi. Sehingga dikatakan bahwa metakognisi siswa yang tinggi dapat menumbuhkan self-confidence siswa dan juga pemahaman konsep siswa menjadi tinggi, dan itu artinya metakognisi memiliki peran penting untuk mencapai suatu hasil yang maksimal dan mendorong kemampuan siswa itu sendiri.
References
Aulia, R., Rohati, & Marlina. (2021). The Students' Self-Confidence and Their Mathematical Communication Skills in Solving Problems. EDUMATIKA : Jurnal Riset Pendidikan Matematika , 4(2), 90-103. DOI: https://doi.org/10.32939/ejrpm.v4i2.770.
ARDIÇ, M. A. (2021). Examination of Turkish Mathematics Teachers Technology Integration Levels and Their Self-Confidence in TPACK. Malaysian Online Journal of Educational Technology, 9(4), 31-49. https://dx.doi.org/10.52380/mojet.2021.9.4.253
Bahru, M. S., Islam, A., & Iain, N. (2018). Penguatan Self Confidence dalam Pembelajaran Matematika melalui Metode Suggestopedia. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(1), 1–14.
Budiyono. (2018). Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta : UNS Press
Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2033.
Fajriani, & Nurdahniar. (2016). Pengaruh Metakognisi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Sma Negeri Se Kabupaten Bulukumba. Prosiding Seminar Nasional, 2(1), 285–290.
Febdhizawati, E. H., Dwijayanti, I., & Nugroho, A. A. (2021). Analisis Kemampuan Metakognitif Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Materi Program Liniear Ditinjau dari Gaya Belajar. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (6 SENATIK), 47-53. Semarang: FPMIPATI-Universiats Pgri Semarang.
Harahap, M. S. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Dan Metakognitif Siswa Selama Pandemi Covid-19. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal) , 4(2), 119-128.
Ilmi, R. W., Sridana, N., lu’luilmaknun, U., & Amrullah. (2022). Analisis kesulitan pemahaman konsep bangun ruang sisi datar ditinjau dari keterampilan metakognisi kelas VIII SMP. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(1), 27-44.
Irhamna, Amry, Z., & Syahputra, H. (2020). Contribution of Mathematical Anxiety, Learning Motivation and Self-Confidence to Student’s Mathematical Problem Solving. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal , 3(4), 1759-1772. https://doi.org/10.33258/birle.v3i4.1343.
Khoirunnisa, P. H., & Malasari, P. N. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari self confidence. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika , 7(1), 49-55. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2804.
Masruroh, A. A., Faturohman, Y., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2019). Analisis Self Confidence Siswa Kelas X Ht 3 Smk Sangkuriang 2 Dalam Pembelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pembelajaran).
Nilasari, A., Effendi, M. M., & Putri, O. R. U. (2020). Analisis Self-Confidence Dan Hasil Belajar Matematika Sma Dalam Kurikulum Berbasis Unit Kegiatan Belajar Mandiri. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 433–439. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2800.
Nurhayati, Hartoyo, A., & Hamdani. (2017). Kemampuan Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah pada Materi Bangun Datar Di Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(2), 1–13.
Purba, N. T., Ardiana, N., & Harahap, S. D. (2021). Analisis Keterampilan Metakognitif Siswa Dalam Memahami Pelajaran Matematika. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal) , 4(3), 129-133.
Rifda, K. (2017). Mathematical Learning Strategy of Fractional form by using Learning Model of Gagne and Human Figure Line Media. International Journal of Science: Basic and Applied Research (IJSBAR), 34(2), 13–22
Salamah, D. P., & Amelia, R. (2020). Analisis Kesalahan Berdasarkan Tahapan Newman Terhadap Materi Peluang Kejadian Majemuk Ditinjau Dari Gender Dan Self Confidence Pada Siswa Kelas XII SMK Di Bandung Barat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(4), 273–284. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.273-284.
Siregar, N. C., Rosli, R., & Maat, S. M. (2020). The Effects of a Discovery Learning Module on Geometry for Improving Students’ Mathematical Reasoning Skills, Communication and Self-Confidence. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research , 19 (3), 214-228; https://doi.org/10.26803/ijlter.19.3.12.
Trisnawati, I., Pratiwi, W., Nurfauziah, P., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA Kelas XI Pada Materi Trigonometri Di Tinjau Dari Self Confidence. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 383–394. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p383-394
Wahyudi, C., Sirait, S., & Rahmadan, E. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Melalui Whatsapp Group Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pena Edukasi , 8(1), 1-6.
Yanala, N. C., B. Uno, H., & Kaluku, A. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Operasi Bilangan Bulat di SMP Negeri 4 Gorontalo. Jambura Journal Of Mathematics Education , 2(2), 50-58.
Yaniawati, P., Kariadinata, R., Sari, N. M., Pramiarsih, E. E., & Mariani, M. (2020). Integration of e-Learning for Mathematics on Resource-Based Learning: Increasing Mathematical Creative Thinking and Self-Confidence. iJET, 15(6), 60-78. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i06.11915.
Yıldırım, S., & Ersözlü, Z. N. (2013). The Relationship Between Students’ Metacognitive Awareness and their Solutions to Similar Types of Mathematical Problems . Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 9(4), 411-415.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ahmad Taufik , Lalu Yoga Vandita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.