Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Untuk Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Authors

  • Angelin Manurung Universitas Negeri Medan
  • Nurliani Manurung Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.36709/jpm.v15i2.192

Keywords:

conceptual understanding procedures, pemahaman konsep matematis, pembelajaran konvensional

Abstract

Penelitian ini menemukan bahwa pemahaman konsep matematis siswa kelas X SMA pada materi peluang masih rendah, dipengaruhi oleh minat belajar yang kurang dan metode pembelajaran konvensional. Penggunaan model Conceptual Understanding Procedures (CUPs) diusulkan untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan aktif siswa dalam belajar matematika. Jenis penelitian yang diaplikasikan adalah quasi eksperiment dengan desain two group pretest-posttest. Sampel penelitian diambil dari dua kelas, yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-5 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 27,43, sementara kelas kontrol adalah 27,31. Uji hipotesis menghasilkan nilai nilai sig. sebesar 0,969 > 0,05, artinya  diterima, menunjukkan kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah penerapan model pembelajaran CUP, nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 76,37, sedangkan kelas kontrol adalah 69,60. Uji hipotesis menghasilkan nilai sig. sebesar 0,011 < 0,05. Maka,  diterima, hal ini menunjukkan bahwa rata-rata skor posttest kelas eksperimen lebih baik daripada rata-rata skor posttest kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CUP berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMA pada materi peluang.

References

Anwar, D. N., Yusuf, Y., & Jaenudin, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis . PI-MATH - Jurnal Pendidikan Matematika Sebelas April, 1(2), 11–22

Assaibin, M., Ali P, M., & Rahayu, A. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam Model Pembelajaran (CUPs) Matematika SMK Negeri 1 Polewali. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2975-2988. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.934.

Astuti, T. P., Masykur, R., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengaruh model pembelajaran Tandur terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematis peserta didik. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 201-209.

Dewi, S. S., Hariastuti, R. M., & Utami, A. U. (2019). Analisis Tingkat Kesukaran Dan Daya Pembeda Soal Olimpiade Matematika (OMI) Tingkat SMP Tahun 2018. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 15-26. https://doi.org/10.36526/tr.v3i1.388

Dewimarni, S. (2017). Analisis kemampuan komunikasi dan pemahaman konsep aljabar linier pada mahasiswa Universitas Putra Indonesia ‘YPTK’ Padang. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 53-62.

Handayani, Y., Yekti, & Aini, I. N. (2019). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi peluang. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika.

Murizal, A., Yarman, & Yerizon. (2012). Pemahaman konsep matematis dan model pembelajaran quantum teaching. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 19-23.

Ningsih, S., Farida, N., & Linuhung, N. (2020). Pengaruh model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 54-61.

Nuraeni, Mulyati, E. S., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Tingkat Kepercayaan Diri Pada Siswa MTs. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 975-982

Nurfaqihah, R. R., Fatimah, A. T., & Effendi, A. (2023). Model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa ditinjau dari disposisi matematis. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 476-483. http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i2.9016

Octaviani, W., & Rostika, D. (2017). Pengaruh model Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap peningkatan pemahaman matematis siswa sekolah dasar. Antropologi UPI, 5(1), 326-337.

Rahmawati, D., Utami, R., & Mardhiyana, D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Cups Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Minat Belajar Siswa. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(1), 352-360. https://doi.org/10.46306/lb.v4i1.196

Salsabila, F. (2019). Pengaruh model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) berbantuan media handout terhadap kemampuan pemahaman konsep ditinjau dari gaya belajar di SMK N 3 Pekalongan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika,7(1), 37-48. https://doi.org/10.31941/Delta.V7i1.922

Setiani, N., Roza, Y., & Maimunah. (2022). Analisis kemampuan siswa dalam pemahaman konsep matematis materi peluang pada siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 2286-2297. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1476

Simbolon, F. J., Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2020). Pengaruh Pendekatan Resource Based Leaarning (RBL) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 76-88.

Tata, H. (2022). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP kelas IX pada materi aljabar. PRISMA, 366. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2385

Zarkasyi. (2015). Penelitian pendidikan matematika. Karawang: Refika Aditama.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Manurung, A., & Manurung, N. (2024). Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Untuk Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa . Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 173–181. https://doi.org/10.36709/jpm.v15i2.192

Issue

Section

Articles