Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Berdasarkan Kecemasan Matematika

Authors

  • Jasmine Ramadhani Lasdianto Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Haerudin Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Agung Prasetyo Abadi Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.36709/jpm.v14i1.17

Keywords:

deskriptif kualitatif, Kemampuan pemecahan masalah, tingkat kecemasan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kecemasan belajar siswa dan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi kecemasan belajar siswa SMP kelas VII terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi segi empat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu 3 siswa VIII A SMP Negeri Cirebon. Pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data terdiri deskripsi hasil angket, tes tertulis dan wawancara, lalu dianalisis dan ditarik kesimpulan. Hasilnya menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP dari kategori tinggi memiliki persentase sebesar 33,33%, kategori sedang sebesar 23,80%, dan kategori rendah sebesar 42,87%, artinya kemampuan pemecahan masalah matematis yang dimiliki siswa masih rendah. Hal ini disebabkan oleh ketidakmampuan siswa dalam memahami soal dengan baik dan tidak menguasai materi segiempat, serta memiliki rasa cemas yang berlebih saat menjawab soal yang diberikan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu siswa tingkat kecemasan matematika rendah mampu melewati semua indikator yang ditetapkan yaitu mampu memahami masalah yang ada pada soal, mampu membuat rencana penyelesaian sesuai dengan apa yang diketahui pada soal, serta mampu untuk melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali jawaban yang diperoleh sehingga mendapatkan hasil yang tepat. Siswa dengan tingkat kecemasan sedang dan rendah hanya mampu melewati beberapa indikator kemampuan pemecahan masalah yaitu mampu untuk memahami masalah dan membuat rencana penyelesaian sesuai dengan apa yang diketahui, namun tidak mampu melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali jawaban sehingga mendapatkan hasil yang tidak tepat.

References

Anggraeni, E., & Dewi, N. (2021). Kajian Teori : Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 179-188. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/44959

Baiti, E. (2021). Studi Korelasi Kecemasan Belajar Matematika dan Kemampuan Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII di SMP Negeri Kemangkon. (Institut Agama Islam Negeri Purwokerto). Retrieved from http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/17690

Dwi, M. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa pada Pembelajaran TAPPS Pendekatan Metaphorical Thinking Berbantuan Class Dojo. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 336–343. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Fadillah, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Persaman Linier Dengan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Kelas X MAN Lima Puluh (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan). Retrieved from http://repository.uinsu.ac.id/5659/

Hidayat, W., & Ayudia, D. B. (2019). Kecemasan Matematik dan Kemampuan Memecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 205–214.

Intan, N. (2020). Pelaksanaa Konseling Individu Dengan Teknik NLP ( Neuro Linguistic Programming ) Untuk Mengatasi Kecemasan Belajar Matematika Siswa Di Man 1 Medan. (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). Retrieved from http://repository.uinsu.ac.id/10206/

Ismayadi, M. (2018). Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Yang Diajarkan Dengan Model Problem Based Learning Dan Model Reciprocal Teaching Di Smp Swasta Al- Washliyah 8 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). Retrieved from http://repository.uinsu.ac.id/3978/

Isra, F. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Karakteristik Cara Berfikir Siswa Melalui Pembelajaran Student Teams Achievement Division ( STAD ) di kelas VIII Mts Al Jamiyatul Washliyah Tembung T . A 2017 / 2018. (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan). Retrieved from http://repository.uinsu.ac.id/4457/

Jumalia. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri Dan Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Majene. (Universitas Negeri Makassar). Retrieved from http://eprints.unm.ac.id/6406/

Kamilah, M., & Imami, A. I. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomedika, 664–672. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.36

Kasriana, & Ode, R. (2018). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Trigonometri Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Dan Tingkat Kecemasan Belajar Siswa Kelas X SMA negeri 6 makasar. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(2), 158–171.

Khalidah, N. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Di Kelas VIII MTsN Cot Gleumpang. (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darrusalam Banda Aceh). Retrieved from https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1648/

Mutiah. (2020). Analisis Kecemasan Siswa SMP Negeri 12 Malang Kelas VIII Dalam Pembelajaran Matematika. (Universitas Muhammadiyah Malang). Retrieved from http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/61102

Ningrum D. L. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Pada Materi Segiempat Dan Segitiga Melalui Kerangka Kerja Polya. (Universitas Pendidikan Indonesia). Retrieved from http://repository.upi.edu/perpustakaan.upi.edu

Rahmawati, U., & Suryanto, S. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 88-97. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i1.2667

Satriyani. (2016). Pengaruh Kecemasan Matematika ( Mathematics Anxiety ) Dan Gender Terhadap Kemampuan Pemecahan Permasalahan Matematika. (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta). Retrieved from https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32047

Yahdil, A. (2020). Ananlisis kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan dan Deret di Kelas XI MAN Labuhanbatu Tahun 2019/2020 (UIN Sumatera Utara). Retrieved from http://repository.uinsu.ac.id/9691/

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Lasdianto, J. R., Haerudin, & Abadi , A. P. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Berdasarkan Kecemasan Matematika . Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 88–102. https://doi.org/10.36709/jpm.v14i1.17