Pengembangan Multimedia E-BARET Berbasis Android untuk Siswa Kelas X SMA
DOI:
https://doi.org/10.36709/jpm.v15i2.166Keywords:
pengembangan, multimedia, media pembelajaranAbstract
Penggunaan media pembelajaran dapat membuat perubahan dalam metode pembelajaran. Media pembelajaran yang dapat diakses di mana saja dan kapan saja juga memudahkan siswa dalam memahami pelajaran dengan lebih aktif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa multimedia pembelajaran interaktif yang layak digunakan untuk pembelajaran matematika materi barisan dan deret yang diberi nama E-BARET. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan subjek penelitiannya siswa kelas X SMA. Instrument dalam penelitian ini berupa lembar validasi produk dan materi. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 3 tahapan meliputi analysis, design, dan development. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari ahli materi mendapatkan nilai 4,29 yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”, dari ahli media pembelajaran mendapatkan nilai 4.09 yang termasuk dalam kategori “Layak”, dari praktisi pembelajaran matematika mendapatkan nilai 4,15 yang masuk dalam kategori “Layak”, dan dari 25 peserta didik kelas X SMA mendapatkan hasil respon positif dengan persentase yang diperoleh Hal ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai alat bantu pembelajaran matematika materi barisan dan deret, dan dapat membuat siswa lebih aktif dalam belajar.
References
Ahmad, M., & Asmaidah, S. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Membelajarkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Smp. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 373–384. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.326
Angko, N., & Mustaji, M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar dengan Model ADDIE untuk Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 SDS Mawar Sharon Surabaya. Kwangsan, 1(1), 1–15.https://jurnalkwangsan.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalkwangsan/article/downloadSuppFile/1/1
Anshori, S. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 99(24), 88–100. file:///C:/Users/HP/Downloads/70-Article Text-536-1-10-20191223.pdf
Basa, Z. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SMP pada Masa Pandemi COVID-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 943–950. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.461
Damsi, M., & Suyanto, S. (2023). Systematic literature review: multiple-tier diagnostic instruments in measuring student chemistry misconceptions. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(5), 8-21.
Dwiranata, D., Pramita, D., & Syaharuddin, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Jurnal Varian, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.30812/varian.v3i1.487
Febrian, F., Astuti, P., & Susanti, S. (2022). Ethnomathematical Study on Indigenous Fish Trap: Example from Kijang, Bintan Regency. Jurnal Pendidikan Matematika, 17(1), 21–36. https://doi.org/10.22342/jpm.17.1.18787.21-36
Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Gantang, 5(1), 77–85. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1609
Hasyim, F. (2018). Mengukur Kemampuan Berpikir Analitis Dan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Calon Guru Fisika Stkip Al Hikmah Surabaya. Jurnal Pendidikan Ipa Veteran, 2(1), 80–89. http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/jipva
Huda, M. (2016). Pembelajaran Berbasis Multimedia dan Pembelajaran Konvensional. Jurnal Penelitian Multimedia Pembelajaran, 10(1), 125–146.
K.T. Marselina, I.W. Lasmawan, & N. Dantes. (2021). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas V Sd. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 11(2), 105–114. https://doi.org/10.23887/jpepi.v11i2.620
Mahuda, I., Meilisa, R., & Nasrullah, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Berbantuan Smart Apps Creator Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1745. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3912
Malabay. (2016). Pemanfaatan Flowchart Untuk Kebutuhan Deskripsi Proses Bisnis. Jurnal Ilmu Komputer, 12(1), 21–26.
Mansyur. (2017). Keterampilan Dasar Mengajar dan Penguasaan Kompetensi Guru (Suatu Proses Pembelajaran Micro). El-Ghiroh, XII(01), 130–147.
Nababan, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Geogebra Dengan Model Pengembangan Addie Di Kelas XI SMAN 3 Medan. Jurnal Inspiratif, 6(1), 37–50.
Netrilina, N., Syaiful, S., & Syamsurizal, S. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Bangun Ruang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 143. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i2.11559
Peranginangin, A., Barus, H., & Rafeli Gulo, R. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Di Ajar Dengan Model Pembelajaran Elaborasi Dengan Model Pembelajaran Konvensional. Jurnal Penelitian Fisikawan, 3, 43–50. http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/452/436
Salam, M. (2020). WhatsApp: Kehadiran, Aktivitas Belajar, dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 67–76. http://ojs.uho.ac.id/index.php/jpm
Tarigan, D., & Siagian, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(2), 187–200. https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i2.3295
Widiastuti, E., & Sagoro, E. M. (2017). Pengembangan Crossword Puzzle Accounting ( CPA ) Berbasis Elektronik Sebagai Media Pembelajaran Developing Crossword Puzzle Accounting ( CPA ) Electronic-Based. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, XV(1), 40–53. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/14817
Wondo, M. T. S., Mei, M. F., & Seto, S. B. (2020). Penggunaan Media Geogebra dalam Pembelajaran Geometri Ruang untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 163. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i2.12049
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Laidy Aprilia Scesa, Suci Kirani Aprilia Putri, Nur Izzati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.