Efektivitas Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP

Authors

  • Nurfaidah Syam Universitas Lakidende
  • Nining Hajeniati Universitas lakidende
  • Salmawati Universitas Lakidende
  • Amelia Intan Putri Universitas Lakidende
  • Piansyah Universitas Lakidende

DOI:

https://doi.org/10.36709/jpm.v14i2.89

Keywords:

efektivitas, model discovery learning, pemahaman konsep matematis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII SMP Negeri 1 Lambuya dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning, (2) untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan pemahaman konsep  matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII SMP Negeri 1 Lambuya. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian the nonequivalent posstest-only control group design. Jumlah sampel dalam penelitian adalah 50 yang terbagi atas 25 sampel untuk kelas eksperimen dan 25 sampel untuk kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Teknik pengumpulan data adalah tes tertulis. Teknik analisis data ada dua yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial. rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis kelas eksperimen sebesar 72,16 lebih tinggi dibandingkan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis kelas kontrol sebesar 63,80 dan diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,015 lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan antara pemahaman konsep matematika kelas kontrol dan kelas eksperimen, sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning lebih efektif  dibandingkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional

References

Agustin, M. (2014). Permasalahan Belajar dan Inovasi Pembelajaran: Panduan untuk Guru, Konselor, Psikolog, Orang Tua, dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Refika Aditama.

Artanti, F., & Lestari, T. K. (2017). Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Discovery Learning Di MAN 3 Yogyakarta. Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya II (KNPMP II), 290-300.

Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran Matematika Dengan Model Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan,13(2), 19.

Febrina, T., Zulkarnain, Z., & Zuhri, D. 2014. Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIA 1 SMA Negeri 8 Pekanbaru. (Universitas Riau).

Hadi, S., & Kasum, M. U. (2015). Pemahaman konsep matematika siswa smp melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe memeriksa berpasangan (pair checks). EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 59-66.

Haeruman, L. D., Rahayu, W., & Ambarwati, L. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self-Confidence Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa SMA di Bogor Timur. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 157-168.

Hayati, K., Muhammad, I., & Esfayani, E., 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Persamaan Kuadrat Kelas IX SMP Negeri 2 Bireuen. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 2(1). https://doi.org/10.29103/jpmm.v2i1.7461.

Jelatu, S., Mandur, K., Jundu, R., & Kurniawan, Y. (2018). Relasi Antara Visualisasi Spasial dan Orientasi Spasial terhadap Pemahaman Konsep Geometri Ruang. Journal of Songke Math, 1(1), 47–59.

Karim, & Maulida, T. (2014). Pengaruh Model Penemuan Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 62-69.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu. (2013). Pendidikan tentang Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Kristin, F. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 2(1), 90-98.

Kurniati,I., & Surya, E. (2017). Student’s Perception of their Teacher Teaching Style’s. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 33(2).

Mawaddah, S. & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76-85.

PG Dikdas. (2020). Mengenal Model Pembelajaran Discovery Learning. Retrieved June 20, 2023 from https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/Mengenal-Model-Pembelajaran-Discovery-Learning

Purwaningrum, J. P. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Discovery Learning Berbasis Scientific Approach. Jurnal Refleksi Edukatika, 6(2), 145-157.

Rivai, M. Anwar. (2017). Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kreativitas Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Baki Sukoharjo. (Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Schunk, D. H. (2012). Learning Theories. Jakarta: Pustaka belajar.

Sinambela, P. N. (2017). Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Generasi Kampus, 6(2), 17-28.

Tampubolon, D. (2017). Students’ Perception on the Discovery Learning Strategy on Learning Reading Comprehension at the English Teaching Study Program Christian University of Indonesia. Journal of English Teaching, 3(1), 43-54. https://doi.org/10.33541/jet.v3i1.698

Wardhani, S. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs Untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. PPPPTK Matematika Yogyakarya.

Zulnaidi, H., & Zakaria, E. (2012). The Effect of Using GeoGebra on Conceptual and Procedural Knowledge of High School Mathematics Students. Asian Social Science, 8(11), 102–106. https://doi.org/10.5539/ass.v8n11p1 02

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Syam, N., Hajeniati, N., Salmawati, Putri, A. I., & Piansyah. (2023). Efektivitas Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP . Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 147–154. https://doi.org/10.36709/jpm.v14i2.89

Issue

Section

Articles