Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita Pola Bilangan Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Matematis

Authors

  • Dinda Ari Margahayuning Tyas Universitas PGRI Semarang
  • Agnita Siska Pramasdyahsari Universitas PGRI Semarang
  • Dhian Endahwuri Universitas PGRI Semarang
  • Achmad Buchori Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.36709/jpm.v14i2.88

Keywords:

kemampuan pemecahan masalah, kemampuan penalaran matematis, pola bilangan

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah sebagai sebuah hal terpenting pada matematika. Tujuan penelitian ini untuk memberikan deskripsi kemampuan pemecahan masalah siswa dalam memecahkan soal cerita pola bilangan ditinjau dari kemampuan penalaran matematis. Jenis penelitiannya yaitu penelitian kualitatif deskriptif yang diadakan di SMP Negeri 2 Plantungan. Subjek pada penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas VIII dengan tes kemampuan penalaran matematis, selanjutnya diambil masing- masing dua siswa yang mempunyai kemampuan penalaran matematis tinggi, rendah, dan sedang. Teknik penghimpunan data yang diterapkan yaitu wawancara, tes kemampuan penalaran matematis, serta tes kemampuan pemecahan masalah. Teknik analisis data yang dipergunakan ialah merangkum data, menyajikan data, serta pembuatan kesimpulan. Hasilnya yaitu: (1) Subjek berkemampuan penalaran matematis tinggi dalam memecahkan masalah cerita pola bilangan bisa mencapai setiap indikator yang terdapat dalam keempat tahap penyelesaian soal matematika, yakni memahami permasalahan, merencanakan penyelesaian, menjalankan rencana pemecahan, serta mengecek ulang hasil penyelesaian soal, (2) Subjek yang mempunyai kemampuan penalaran matematis sedang dalam memecahkan masalah soal cerita pola bilangan telah melakukan tahapan memahami masalah serta menyusun pemecahan, namun belum menjalankan rencana penyelesaian serta pemeriksaan ulang hasil penyelesaian soal, (3) Subjek yang mempunyai kemampuan penalaran matematis rendah dalam memecahkan soal cerita pola bilangan sudah melaksanakan tahap memahami permasalahan, namun belum melaksanakan tahap membuat rencana penyelesaian, menjalankan rencana pemecahan, serta mengecek lagi penyelesaian soal

References

Annizar, A. M., Maulyda, M. A., Khairunnisa, G. F., & Hijriani, L. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA pada Topik Geometri. Jurnal Elemen, 6(1), 39–55. https://doi.org/10.29408/jel.v6i1.1688

Ariyanti, S. N., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Smp Kelas Viii Dalam Menyelesaikan Soal Pola Bilangan Berdasarkan Kemampuan Penalaran Matematik. Journal on Education, 1(2), 390–399. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.79

Linola, D. M., Marsitin, R., & Wulandari, T. C. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita di SMAN 6 Malang. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 27–33. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i1.200 3

Maisyarah, R., & Surya, E. (2017). Kemampuan Koneksi Matematis (Connecting Mathematics Ability) Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. ResearchGate, December. Tersedia: https://www. researchgate. net/pulication/321803645.

Moleong, L. J. (2014). Metode penelitian kualitatif edisi revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

NCTM. (2017). Analysis Mathematical Communication Skills Student In The Metter Algebra Based NCTM. IOSR Journal of Mathematica, (IOSR-JM), 13(1).

Nurhayati, N. (2013). Penerapan langkah- langkah Polya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita himpunan di kelas VII SMP Nasional Wani. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(1), 9-16. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1162332

Ozsoy, G., Kuruyer, H. G., & Çakıroğlu, A. (2015). Evaluation of students’ mathematical problem solving skills in relation to their reading levels. International Electronic Journal of Elementary Education, 8(1), 113-132. http://earsiv.odu.edu.tr:8080/xmlui/han dle/11489/1763

Paridjo, P., & Waluya, S. B. (2017). Analysis mathematical communication skills students in the matter algebra based NCTM. IOSR Journal of Mathematics, 13(01), 60-66.

Pramasdyahsari, A. S., Nizaruddin, & Silvia, R. D. (2023). Analisis Kemampuan Computational Thinking Siswa Pada Materi Aljabar Ditinjau Dari Pemecahan Masalah Matematis. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 5(2), 176-190. https://doi.org/10.33503/prismatika.v5i 2.2659.

Putri, D. K., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351-357. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.1949 7

Rahmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari resiliensi matematis siswa SMP. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2),187-202. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3 619.

Rambe, A. Y. F., & Afri, L. D. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi barisan dan deret. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 175-187. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.80 69.

Saputri, J. R., & Mampouw, H. L. (2018). Kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal materi pecahan oleh siswa SMP ditinjau dari tahapan Polya. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 146-154. https://doi.org/10.33654/math.v4i2.104

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R dan D. Alfabeta: Bandung.

Sulistyaningsih, A., & Rakhmawati, E. (2017). Analisis kesalahan siswa menurut kastolan dalam pemecahan masalah matematika. Prosiding Seminar matematika dan pendidikan matematika UNY, 19(2), 123-130

Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1-10.

Vebrian, R., Putra, Y. Y., Saraswati, S., & Wijaya, T. T. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Kontekstual. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2602-2614. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i44369

Zuhri, M. S., Purwosetiyono, F. D., & Lestari, F. P. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII dalam Penyelesaian Soal Cerita Matematika Berdasarkan Kemampuan Matematika Tinggi. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(3), 299– 308. https://doi.org/10.26877/aks.v12i3.9189

Zuhriyah, A. 2017. Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara 8(2), 121-136.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Tyas, D. A. M. ., Pramasdyahsari, A. S., Endahwuri, D., & Buchori, A. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita Pola Bilangan Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Matematis . Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 169–177. https://doi.org/10.36709/jpm.v14i2.88

Issue

Section

Articles