Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa

Authors

  • Lilia Gina Febrila Universitas Bengkulu
  • Hanifah Universitas Bengkulu
  • Hari Sumardi Universitas Bengkulu
  • Saleh Haji Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36709/jpm.v14i2.82

Keywords:

kemampuan pemecahan masalah, matematika, model project based learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bengkulu Utara tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 288 siswa dan sampel penelitian yaitu kelas VIII E dan VIII H yang berjumlah 64 siswa. Instrumen penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Analisis data dilakukan dengan uji analysis of covariance (ANACOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh linear kovariat kemampuan awal terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 60,4%. (2) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dengan mengontrol kemampuan awal siswa sebesar 33,3%. (3) pencapaian kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran Project Based Learning lebih tinggi dibandingkan kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran ekspositori.

References

Cockcroft, W. (1982). Mathematics Counts. In Mathematics Counts, Report of the Committee of Inquiry into the Teaching of Mathematics in Schools. London: Her Majesty’s Stationery Official.

Elita, G. S., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447–458. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.517

Febrila, L. G., Yensy, N. A., & Susanta, A. (2021). Analisis Tingkat Kognitif dan Kualitas Soal Penilaian Akhir Semester Ganjil Kelas Vii SMP IT Darul Fikri Arga Makmur Tahun Ajaran 2020 / 2021. 5(2), 281–295. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.2.281-295

Haji, S., Berlinda, K., & Hanifah. (2023). Pengaruh Kemampuan Koneksi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik. Jurnal Didactical Mathematics, 5(1), 30–37. https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/dm/article/view/4293

Haji, S., Trihasari, S., & Nirwana. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X SMA Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matemtika Raflesia, 4(2), 93–102. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr

IEA. (2015). TIMSS 2015 International Results in Mathematics. In International Association for the Evaluation of Educational Achievement (IEA). IEA. https://timssandpirls.bc.edu/timss2015/international-database/

Kemendikbud, B. (2019). Pendidikan di Indonesia belajar dari hasil PISA 2018. Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemendikbud.

Kurniawati, I., Raharjo, T. J., & Khumaedi. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi Tantangan Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana.

Kusuma, J. W., Hamidah, Mahuda, I., Sukandar, R. S., Santoso, E., & Jatisunda, M. G. (2021). Project-based learning with LMS moodle to promote mathematical problem solving and self-regulated learning. Journal of Physics: Conference Series, 1764(1), 0–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1764/1/012135

Manjani, W. D., Muhammad, K., & Fauzi, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions ( STAD ) dan Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(6), 7626–7639. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.4234

Muslim, S. R. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik SMA. Supremum Journal of Mathematics Education, 1(2), 88–95. https://doi.org/ttps://doi.org/10.35706/sjme.v1i2.756

National Council of Teacher Mathematics. (2000). Principle and Standarsd for School Mathematics. NCTM. https://doi.org/10.5951/at.29.5.0059

Nurfatanah, Rusmono, & Nurjannah. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.17509/eh.v3i2.2807

Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif, 6(2), 149–160. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i2.950

Nurhidayati, T. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Pemahaman Konsep Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(9), 1–9.

OECD. (2019). PISA 2018 Results. In OECD. OECD. https://doi.org/10.1787/g222d18af-en

Polya, G. (2004). How to Solve it. In Stochastic Optimization in Continuous Time. United States: Pricenton University Press.

Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika (KAM). Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 207–215. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.771

Putri, R. S., Suryani, M., & Jufri, H. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika dan Program for International Student Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 331–340.

Solong, A., Nasir, M., & Ferawati. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMPN 5 Kota Bima Tahun Pelajaran 2022 / 2023. 1(3), 12–17.

Susanta, A., Susanto, E., & Rusdi. (2020). Efektivitas Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 5(1), 61–68. https://doi.org/10.31949/th.v5i1.2219

Triningsih, R., & Mawardi, M. (2020). Efektivitas Problem Based Learning Dan Project Based Learning Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(1), 51–56. https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3228

Wahyuningsih, E. (2019). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem-Based Learning. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM), 1(2), 69–87.

Zakiyah, M., & Noor, N. L. (2022). Pengaruh Kemampuan Awal dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science, 2(1), 54–65. http://103.35.140.33/index.php/NCOINS/article/view/336

Zulkarnain, I. (2020). Pengaruh Kemampuan Awal terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 11(2), 88–94. https://doi.org/https://doi.org/10.37640/jip.v11i2.94

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Febrila, L. G., Hanifah, Sumardi, H., & Haji, S. . (2023). Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa . Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 209–217. https://doi.org/10.36709/jpm.v14i2.82

Issue

Section

Articles