Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa dalam Pembelajaran Desain Blended Learning Tipe Flipped Classroom

Authors

  • La Ode Ahmad Jazuli Universitas Halu Oleo
  • Mustamin Anggo Universitas Halu Oleo
  • Fahinu Universitas Halu Oleo
  • Hafiludin Samparadja Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jpm.v13i2.7

Keywords:

blended learning, flipped classroom, komunikasi matematis

Abstract

Kemampuan untuk menyampaikan dan menjelaskan ide-ide matematika, situasi dan relasi matematika baik secara lisan atau tulisan dengan benda nyata, gambar dan aljabar, membuat pertanyaan tentang matematika dan mengungkapkan kembali suatu uraian atau paragraf matematika dalam bahasa sendiri menjadi kemampuan dan skill yang diharapkan dalam suasana pembelajaran matematika secara subtantif. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan profil aktivitas dan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa program mata kuliah metode Numerik yang dibelajarkan desain strategi pembelajaran Blended Learning tipe flipped classroom. Menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif yang didahului dengan disain strategi pembelajaran Blended Learning tipe flipped classroom menggunakan modifikasi Langkah model Banathy kecuali Langkah uji coba dan perbaikan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan komunikasi matematis  diperoleh nilai rata-rata = 81,53; minimum = 66,67; maximum = 100; dan standar deviasi = 8,13 dengan aktivitas komunikasi matematis pada tahap pree class dalam room Colaborative Asyncronous dan in class dalam  room Virtual Syncronous Learning terurai kedalam kategori  tinggi, sedang dan rendah.. Hasil Kemampuan dimana dengan  mahasiswa mampu untuk berbicara, mendengarkan, berdiskusi dan bertukar pendapat, mengeluarkan pemikiran mereka untuk menjelaskan strategi, meningkatkan pengetahuan dalam menuliskan algoritma, dan secara umum mampu berkontribusi langsung pada profil lulusan jurusan pendidikan matematika dalam meningkatkan kemampuan kognitif.

References

Ansari, B. I. (2012a). Komunikasi matematik dan politik. Banda aceh: Yayasan Pena.

Ansari, B. I. (2012b). Komunikasi Matematik dan Politik Suatu Perbandingan: Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: Yayasan Pena.

Cai, J., Jakabcsin, M. S., & Lane, S. (1996). Assessing Students’ Mathematical Communication. School Science and Mathematics, 96(5), 238–246. https://doi.org/10.1111/j.1949-8594.1996.tb10235.x

Glassman, M., Kuznetcova, I., Peri, J., & Kim, Y. (2021). Cohesion, collaboration and the struggle of creating online learning communities: Development and validation of an online collective efficacy scale. Computers and Education Open, 2, 100031. https://doi.org/10.1016/j.caeo.2021.100031

Hamdan, N. (2013). Review of Flipped Learning. Retrieved from https://doi.org/10.4236/ce.CITATIONS

Handoko, A., & Ghofur, M. A. (2020). Peran Komunikasi Didaktik, Pembelajaran Kolaborasi, Dan Kinerja Guru Pada Hasil Belajar Melalui Motivasi Belajar. REFLEKSI EDUKATIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 42-48. https://doi.org/10.24176/re.v11i1.4713

Hrastinski, S. (2019). What Do We Mean by Blended Learning?. TechTrends, 63, 564–569. https://doi.org/10.1007/s11528-019-00375-5

Hwang, G. J., Wang, S. Y., & Lai, C. L. (2021). Effects of a social regulation-based online learning framework on students’ learning achievements and behaviors in mathematics. Computers and Education, 160, 104031. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104031

Malto, G. A. O., Dalida, C. S., & Lagunzad, C. G. B. (2018). Flipped Classroom Approach in Teaching Biology: Assessing Students’ Academic Achievement and Attitude Towards Biology. KnE Social Sciences: International Research Conference on Higher Education, 540–554.

Mudjiman, H. (2008). Belajar Mandiri. Solo: UNS Press.

Muhati, O., Wenas, J. R., & Runtu, P. V. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Google Meet Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Bahasan Aljabar. MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi Dan Kolaborasi, 2(1), 1–4. https://doi.org/10.53682/marisekola.v2i1.1079

NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: NCTM, Inc. Retrieved form https://www.nctm.org/standards/

Ning, W., Kumalaretna, D., & Harapan, S. M. K. T. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Karakter Kolaborasi dalam Pembelajaran Project Based Learning (PJBL). Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 195–205.

Nurlaila, S., Sariningsih, R., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Terhadap Soal-Soal Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1113. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1113-1120

Ontario Ministry of Education’s. (2005). The Ontario Curriculum, Grades 1-8: Mathematics. Ontario: Queen’s Printer for Ontario. Retrieved from https://www.edu.gov.on.ca/eng/document/curricul/elementary/math1-8e.pdf

Rahmanto, M. A., & Bunyamin. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Daring Melalui Google Classroom. Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 119–135.

Rizqi, A. A., Suyitno, H., & Sudarmin. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Siswa Melalui Blended Learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1), 17–23.

Sadaf, A., Wu, T., & Martin, F. (2021). Cognitive Presence in Online Learning: A Systematic Review of Empirical Research from 2000 to 2019. Computers and Education Open, 2, 100050. https://doi.org/10.1016/j.caeo.2021.100050

Siregar, R. H. (2019). Strategi Pembelajaran Yang Mendukung Kemampuan Komunikasi Matematik. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 7(1), 55-68. https://doi.org/10.24952/logaritma.v7i01.1664

Susilawati, P. R. (2020). Implementasi Flipped Classroom pada Materi Whole Mount (Asetolisis Polen dan Spora) untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 8(2), 244-256. https://doi.org/10.33394/bjib.v8i2.3093

Wahyuniar, L. S., Rochana, S., Mahdiyah, U., Shofia, N., & Widodo, S. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Dengan Google Classroom Dan Google Meet Terhadap Minat Belajar Matematika Diskrit Universitas Nusantara PGRI Kediri. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 1063–1073.

Downloads

Published

2022-07-31

How to Cite

Jazuli, L. O. A. ., Anggo, M. ., Fahinu, & Samparadja, H. . (2022). Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa dalam Pembelajaran Desain Blended Learning Tipe Flipped Classroom. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 228–241. https://doi.org/10.36709/jpm.v13i2.7

Issue

Section

Articles