Pengembangan Pocket Book Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Untuk Kelas X SMA

Authors

  • Miftahul Khairi Rahmadhani Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Yulia Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Rozi Fitriza Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.36709/jpm.v14i2.68

Keywords:

model addie, pengembangan, pocket book, STEM

Abstract

Salah satu permasalahan yang terdapat dalam dunia pendidikan adalah rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dan kurangnya minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini disebabkan karena bahan ajar berupa buku paket dan LKPD yang dirancang sendiri oleh pendidik masih kurang membantu peserta didik dalam pembelajaran dan kurangnya antusias peserta didik dengan kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Berdasarkan hal itu dilakukanlah penelitian pengembangan pocket book berbasis STEM pada materi barisan dan deret untuk peserta didik kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pocket book berbasis STEM yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket praktikalitas, pedoman wawancara, dan tes efektifitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pocket book yang dikembangkan valid dengan nilai rata-rata , praktis dengan nilai rata-rata , dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dengan nilai rata-rata .

References

Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto. (2020). Bahan AJar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka, 2(1), 62–65.

Angraini, F., Walid, A., Ansyah, E., & Ikhsan, A. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis STEM Menumbuhkan HOTS di SMP. Jurnal Muara Pendidikan, 7(1), 33–40.

Anzar, Z., Arvyaty, Busnawir, & Fahinu. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 43–54.

Apriansyah, M. F., & Pujiastuti, H. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika berbasis Virtual Learning dengan Gnomio. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 179.

Armelia, D., Prihatin, I., & Susiaty, U. D. (2019). Pengembangan Media Pocket Book Berbasis Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis. Jurnal SAP,3(3), 175–181.

Asis, A., Busnawir, & Samparadja, H. (2017). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Dan Problem Based Learning (The Difference To Solve Mathematics Problems On Junior High Scholl Students Of Guided Inquiry Learning Model And Problem Based Learning). Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 140–147.

Diana, P., & Fitriza, R. (2019). Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Melalui Pembalajaran Remedial Metode Tutor Sebaya di Kelas XII MIA 3 MAN 2 Tanah Datar. Math Educa Journal, 3(2), 132–143.

Eliza, R., & Susilawati, F. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemandirian Belajar Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Inquiri. Math Educa Journal, 3(2), 144–155.

Fajri, Z. (2018). Bahan Ajar Tematik Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013. Jurnal Pedagogik, 5(1), 100–108.

Hasanah, H., Wirawati, S. M., & Sari, F. A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis STEM Pada Materi Bangun Ruang. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 91–100.

Isdianti, F. M., Erman, & Nasrudin, H. (2021). The Development of Stem (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Based Inquiry Learning Packages To Train Students’ Critical Thinking Skill. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 10(02), 2549–1597.

Kharisma, J.Y. & Asman. A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah Berorientasi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Prestasi Belajar Matematika. Indonesian Journal of Mathematics Education, 1(1), 34-46.

Komaridin, Utari, I. D., Farida, & Suherman. (2021). Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis STEM Terhadap Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 7(2), 97-106.

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85.

Mustari, M., & Sari, Y. (2017). Pengembangan Media Gambar Berupa Buku Saku Fisika SMP Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 6(1), 113–123.

Niam, M. A., & Asikin, M. (2021). Pentingnya Aspek STEM dalam Bahan Ajar terhadap Pembelajaran Matematika. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 329-335.

Nindarti, N. (2018). Pengembangan PocketBook Pada Materi Trigonometri Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Untuk Peserta Didik SMA Kelas X. (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Nln, S., Buulolo, B., & Suriani, I. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Sastra Berbesis Cerita Rakyat Masyarakat Nias (Development of Literature Teaching Based on Nias Traditional Story). TOTOBUANG, 9(1), 61–74. https://doi.org/10.26499/ttbng.v9i1.291

Noviarni. (2014). Perencanaan Pembelajaran Matematika Dan Aplikasinya. Pekanbaru: Benteng Media

Rodiawati, H., & Komarudin. (2018). Pengembangan E-Learning Melalui Modul Interaktif Berbasis Learning Content Development System. Jurnal TATSQIF, 16(2), 172–185.

Sepriyanti, N., Zulmuqim, & Suryani. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Treffinger terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 24 Padang. Math Educa Journal, 1(2), 129–141.

Situmorang, A. S., & Gultom, S. P. (2018). Desain Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa FKIP UHN. Jurnal penelitian bidang pendidikan, 24(2), 103-110.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhud. M. H. (2022). Pentingnya Bahan Ajar Bagi Kesuksesan Pembelajaran. Retrieved March 18, 2023, from https://gurubelajar.id/pentingnya-bahan-ajar-bagi-kesuksesan-pembelajaran/

Sulistyani, N. H. D., Jamzuri, & Rahardjo, T. D. (2013). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Menggunakan Media Pocket Book dan Tanpa Pocket Book pada Materi Kinematika Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 164-172.

Susanto, A. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Model Reciprocal Teaching dan Model Air Auditory Intellectualy Repetition. Math Educa Journal, 3(2), 219–230.

Utami, P. N. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematika Setelah Menggunakan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning Pada Kelas X SMA. Math Educa Journal, 3(1), 181-194.

Utari, I. D. (2020). Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Science, technology, Engineering, And Mathematics (STEM) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. (UIN Raden Intan Lampung)

Yulia & Gusniarti. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Contextual Teaching And Learning Pada Materi Himpunan Kelas VII SMPN 2 Kubung. Math Educa Journal, 3(2), 156-168.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Rahmadhani, M. K., Yulia, & Fitriza, R. . (2023). Pengembangan Pocket Book Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Untuk Kelas X SMA . Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 155–168. https://doi.org/10.36709/jpm.v14i2.68

Issue

Section

Articles